Mualif, Imam (2022) Representasi dakwah dalam video Ngaji Filsafat : Analis semiotik pada video Ngaji Filsafat di akun Youtube MJS Channel. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (396kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangnya zaman serta kemajuan teknologi yang pesat, memberikan dampak yang besar bagi kehidupan masyarakat. Banyak pemuka agama kini berdakwah melalui platform media sosial seperti YouTube, TikTok, Instagram, dan Twitter. Penggunaan media sosial untuk berdakwah tidak hanya nyaman tetapi juga dinilai sangat efisien. Satu unggahan dapat menjangkau banyak pendengar. Peneliti memilih Channel Youtube MJS Channel karena dianggap dapat mewakili keadaan sosial yang ada karena berdasarkan fakta fakta yang ada di masyarakat. Konten video yang ada menjelaskan tentang kajian- kajiana filsafat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana representasi dakwah yang di paparkan oleh mubaligh Fahruddin Faiz yang menjelaskan kajian filsafatnya di channel tersebeut. Berdasarkan latar di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab bagaimana penanda (signified) dan petanda (signifier) serta objek (referent) ditampilkan dalam video “Ngaji Filsafat” dan bagaimana representasi dakwah yang di bawakan Fahrudidin Faiz sebagai pengisi materi “Ngaji Filsafat”. Dalam analisisnya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode semiotika Ferdinand de Saussure yang menitikberatkan pada penanda (signifier) dan petanda (signified) serta objek (referrent). Data yang diteliti yakni potongan-potongan gambar, teks, suara, atau bunyi-bunyian yang terdapat dalam video ngaji filsafat “MJS Channel”. Fahruddin faiz tak sekedar menjalaskan tentang filsafat dalam konten ngaji filsafatnya, akan tetapi dapat mewakili atau merepresentasiakan dakwah dalam konten filsfat tersebut, seperti mewakili aspek dakwah aqidah, akhlak dan ibadah. Filasafat tak sekedar mempelajari bagaimana kita untuk berfikir dan bijaksana dalam kehidupan, akan tetapi dalam konten ngaji filsafat yang terdapat pada akun Youtube MJS Channel mampu menjawab persoalan dakwah di era media massa yang mengandung projek sosial untuk tetap berdakwah kepada masyarakat. Sehingga dakwah yang terdapat pada konten tersebut bukan hanya sekedar ajakan belaka, melainkan sebuah kajian yang penuh makna yang menarik untuk di pelajari.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Representasi Dakwah; MJS Cahnnael |
Subjects: | Aristotelian Philosophy Islam > Da'wah Philosopy and Theory > Semiotics |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Imam Mualif |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 01:37 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 01:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/65597 |
Actions (login required)
View Item |