Representasi dakwah dalam video Ngaji Filsafat : Analis semiotik pada video Ngaji Filsafat di akun Youtube MJS Channel

Mualif, Imam (2022) Representasi dakwah dalam video Ngaji Filsafat : Analis semiotik pada video Ngaji Filsafat di akun Youtube MJS Channel. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangnya zaman serta kemajuan teknologi yang pesat, memberikan dampak yang besar bagi kehidupan masyarakat. Banyak pemuka agama kini berdakwah melalui platform media sosial seperti YouTube, TikTok, Instagram, dan Twitter. Penggunaan media sosial untuk berdakwah tidak hanya nyaman tetapi juga dinilai sangat efisien. Satu unggahan dapat menjangkau banyak pendengar. Peneliti memilih Channel Youtube MJS Channel karena dianggap dapat mewakili keadaan sosial yang ada karena berdasarkan fakta fakta yang ada di masyarakat. Konten video yang ada menjelaskan tentang kajian- kajiana filsafat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana representasi dakwah yang di paparkan oleh mubaligh Fahruddin Faiz yang menjelaskan kajian filsafatnya di channel tersebeut. Berdasarkan latar di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab bagaimana penanda (signified) dan petanda (signifier) serta objek (referent) ditampilkan dalam video “Ngaji Filsafat” dan bagaimana representasi dakwah yang di bawakan Fahrudidin Faiz sebagai pengisi materi “Ngaji Filsafat”. Dalam analisisnya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode semiotika Ferdinand de Saussure yang menitikberatkan pada penanda (signifier) dan petanda (signified) serta objek (referrent). Data yang diteliti yakni potongan-potongan gambar, teks, suara, atau bunyi-bunyian yang terdapat dalam video ngaji filsafat “MJS Channel”. Fahruddin faiz tak sekedar menjalaskan tentang filsafat dalam konten ngaji filsafatnya, akan tetapi dapat mewakili atau merepresentasiakan dakwah dalam konten filsfat tersebut, seperti mewakili aspek dakwah aqidah, akhlak dan ibadah. Filasafat tak sekedar mempelajari bagaimana kita untuk berfikir dan bijaksana dalam kehidupan, akan tetapi dalam konten ngaji filsafat yang terdapat pada akun Youtube MJS Channel mampu menjawab persoalan dakwah di era media massa yang mengandung projek sosial untuk tetap berdakwah kepada masyarakat. Sehingga dakwah yang terdapat pada konten tersebut bukan hanya sekedar ajakan belaka, melainkan sebuah kajian yang penuh makna yang menarik untuk di pelajari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Representasi Dakwah; MJS Cahnnael
Subjects: Aristotelian Philosophy
Islam > Da'wah
Philosopy and Theory > Semiotics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Imam Mualif
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:37
Last Modified: 09 Mar 2023 01:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65597

Actions (login required)

View Item View Item