Konsep pembelajaran akidah dalam Al - Quran

Malihatun, Elih (2023) Konsep pembelajaran akidah dalam Al - Quran. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran akidah merupakan aspek penting dalam membentuk kualitas sumber daya manusia (SDM). SDM menentukan kualitas dan kemajuan suatu bangsa, maka akidah yang kuat perlu dibentuk dan dibina sedini mungkin. Lagi pula pembelajaran akidah adalah proses yang tak pernah berhenti, diperlukan agar setiap individu menjadi pribadi, warga masyarakat, warga negara, abdullâh dan khalifatullâh yang lebih baik. Oleh karena itu, kerja keras semua pihak sangat diperlukan untuk mengoptimalkan program-program yang memiliki kontribusi besar terhadap proses pembelajaran akidah. Adapun tujuan yang diteliti dalam penelitian ini, yaitu: (1) Mendeskripsikan konsep pembelajaran akidah menurut Al-Qur'an. (2) Mengidentifikasi macam-macam pembelajaran Akidah dalam Al-Qur'an. Signifikansi penelitian ini diharapkan dapat menemukan Konsep Pembelajaran akidah menurut perspektif Al-Qur'an, mengisi kekurangan informasi dan berpartisipasi dalam penemuan dan pengembangan Konsep Pembelajaran akidah, karena selama ini konsep pembelajaran akidah yang diterapkan kebanyakan berdasarkan teori-teori yang berasal dari pendidikan umum atau teori Barat. Dengan ditemukan konsep pembelajaran akidah yang inovatif menurut asumsi dan sudut pandang dari ayat-ayat Al-Qur'an diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan Islam dan pendidikan secara umum. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan (library research), menggunakan pendekatan tekstual dan kontekstual. Dalam hal ini, penulis berupaya mengumpulkan sumber primer berupa ayat-ayat Al-Qur'an yang berkaitan dengan tema yang diteliti yaitu Konsep Pembelajaran Akidah. Setelah itu dilakukan telaah dan klasifikasi, serta analisis yang disesuai dengan prosedur metode penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Konsep pembelajaran akidah dalam Al-Qur’an adalah konsep desain atau deskripsi singkat proses pembelajaran akidah yang memiliki enam karakteristik: (1) tujuan dan asumsi pembelajaran akidah, (2) prinsip reaksi pembelajaran akidah, (3) sintakmatis pembelajaran akidah, (4) sistem pendukung pembelajaran akidah meliputi media dan materi pembelajaran, (5) sistem sosial pembelajaran akidah yaitu lingkungan alamiah (alam), lingkungan kultural berupa keluarga dan masyarakat serta lingkungan religius, dan (6) penilaian pembelajaran akidah meliputi penilaian hasil belajar dan penilaian proses pembelajaran akidah dengan teknik qadrun, sya’nun, hisâb, su’âl, ibtalâ dan fitnah serta an-nazhr. Adapun macam-macam konsep pembelajaran akidah yang dapat dipahami dari ayat-ayat Al-Qur’an: (1) konsep pembelajaran qudwah, (2) konsep pembelajaran uswah, (3) konsep pembelajaran tamtsîl, (4) konsep pembelajaran isyârah, (5) konsep pembelajaran ta’lîm, (6) konsep pembelajaran tadrîs, (7) konsep pembelajaran tahfîdz, (8) konsep pembelajaran taksyîf, (9) konsep pembelajaran ta’rîf, (10) konsep pembelajaran tarsyîd, (11) konsep pembelajaran ta’thiyah, (12) konsep pembelajaran tadzkîr, (13) konsep pembelajaran tau’îzh, dan(14) konsep pembelajaran taslîf. Berbagai macam konsep pembelajaran akidah tersebut memiliki karakteristik atau ciri khas sendiri, dan dapat diaplikasikan pada berbagai jenjang pendidikan.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Konsep pembelajaran; akidah; Al Quran
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Elih Malihatun Elih
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:21
Last Modified: 09 Mar 2023 03:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65600

Actions (login required)

View Item View Item