Pengembangan bahan ajar pada materi sifat Koligatif larutan berorientasi Multipel Representasi Kimia

Pitriani, Ipit (2016) Pengembangan bahan ajar pada materi sifat Koligatif larutan berorientasi Multipel Representasi Kimia. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)

Abstract

Pembuatan bahan ajar pada materi sifat koligatif larutan berorientasi multipel representasi kimia dilandasi kurangnya pemahaman siswa terhadap materi sifat koligatif larutan karena tidak dapat menginterpretasikan keterhubungan multipel representasi. Metode penelitian menggunakan Research and Development yang bertujuan untuk membuat produk berupa bahan ajar pada materi sifat koligatif larutan berorientasi pada multipel representasi kimia dan mengetahui hasil uji kelayakan. Penelitian ini memiliki tahapan pembuatan bahan ajar meliputi analisis konsep dan representasi, pengumpulan file pendukung multipel representasi, rancangan bahan ajar, uji validasi dan uji kelayakan sehingga menghasilkan produk bahan ajar pada materi sifat koligatif larutan berorientasi multipel representasi kimia. Uji validasi dilakukan kepada lima orang validator. Aspek yang dinilai yaitu aspek kejelasan materi, aspek elemen pendukung, dan aspek tampilan bahan ajar. Dari hasil validasi bahan diperoleh rata-rata rhitung 0,88 untuk aspek kejelasan materi, 0,84 untuk aspek elemen pendukung dan 0,83 untuk aspek tampilan bahan ajar. Secara umum uji kelayakan bahan ajar yang dilakukan kepada 17 orang siswa kelas XII diperoleh 81,7% memberikan respon baik, 15,0% memberikan respon cukup, 3,3% memberikan respon kurang. Hal ini menyatakan bahwa bahan ajar layak untuk digunakan sebagai sumber belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; multipel representasi kimia (level makroskopik; submikroskopik dan simbolik); sifat koligatif larutan
Subjects: Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 30 May 2018 12:22
Last Modified: 30 May 2018 12:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6561

Actions (login required)

View Item View Item