Pengaruh penyajian Advertorial politik dan birokrasi di Radar Bandung Online terhadap Independensi media

Hafidz, Muhammad Al (2022) Pengaruh penyajian Advertorial politik dan birokrasi di Radar Bandung Online terhadap Independensi media. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy

Abstract

Advertorial dapat mengemas iklan yang semula disampaikan hanya secara garis besar melalui brosur, spanduk, dan selebaran lainnya menjadi lebih detail, terperinci, dan sistematis dengan tulisan yang mempunyai struktur yang hampir sama dengan berita sehingga mampu memberikan informasi lebih banyak kepada khalayak mengenai produk atau jasa yang dipromosikan. Oleh karena itu, advertorial digunakan sebagai sarana untuk menyajikan pemahaman, interpretasi, dan opini tentang iklan yang mereka baca. Akibatnya, banyak kalangan terutama pelaku politik dan birokrasi pemerintahan menganggap advertorial bekerja lebih efektif untuk promosi dibandingkan dengan jenis iklan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari penyajian advertorial politik dan birokrasi di Radar Bandung online (X) terhadap independensi media (Y). Teknik yang digunakan untuk mencapai tujuan dari penelitian ini adalah kuantitatif, dengan metode uji regresi linear sederhana dengan pasrtisipan Tim Redaksi Radar Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Hierarki Pengaruh yang dikembangkan oleh Shoemaker dan Reese, dimana asumsi dasar dari teori ini menganggap bahwa media tidak lahir dari ruang hampa, selalu terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi pesan yang disampaikan media. Metode survei digunakan dalam penelitian ini dengan tujuan untuk memberikan gambaran secara merinci mengenai suatu kasus.metode survei dianggap perlu dalam penelitian ini karena akan membantu mengumpulkan data hasil kreativitas dalam bentuk pertanyaan atau pernyataan. Selain itu,peneliti menggunakan paradigma positivisme, yaitu cara pandang untuk memahami dunia berdasarkan ilmu pengetahuan. Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa Radar Bandung online tidak menerima terlalu banyak pesanan advertorial politik dan birokrasi pada setiap bulannya karena demand dari kalangan politik dan birokrasi itu sendiri belum terlalu banyak. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa advertorial politik dan birokrasi di Radar Bandung online berpengaruh sebesar 83,9% terhadap independensi media Radar Bandung itu sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Advertorial; Politik; Birokrasi; Independensi; Media
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Hafidz Muhammad Al
Date Deposited: 09 Mar 2023 06:06
Last Modified: 09 Mar 2023 06:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65671

Actions (login required)

View Item View Item