Pembingkaian media online dalam mengedukasi generasi Milenial tentang pandemi Covid 19: Analisis Framing Tempo.co periode Januari sampai Mei tahun 2021

Handani, Teten (2022) Pembingkaian media online dalam mengedukasi generasi Milenial tentang pandemi Covid 19: Analisis Framing Tempo.co periode Januari sampai Mei tahun 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy

Abstract

Sejak Covid-19 melanda generasi milenial yang kebanyakan masih pelajar diharuskan beradaptasi dengan keadaan ini. Keberadaan fungsi pers sebagai sarana edukasi masyarakat penting, ketika covid-19 masif keberadaanya. Media online tempo.co dipilih sebagai salah satu pers dengan acuan kekritisannya dalam menerbitkan setiap pemberitaan. Tujuan penelitian ini mengungkapkan keberpihakan media online tempo.co mengenai sisi edukasi generasi milenial di masa pandemi covid-19. Seperti menjelaskan, memperkirakan penyebab, menyampaikan pesan moral dan menyampaikan penyelesaian terkait secara keseluruhan permasalahan generasi milenial selama pandemic Covid-19. Permasalahan yang dihadapi selama covid seperti finansial, pekerjaan, kesehatan dan pemahamannya yang labil. Teori yang dipakai yaitu faming dari naskah berita yang dimuat oleh tempo.co periode Januari 2021 Sampai Mei 2021. Penelitian ini memakai analisis framing Robert N Entman dengan empat aspek yaitu Define Problems, Diagnose Causes, Moral Judgement, Treatment Recommendation. Hasil dari penelitian ini tempo.co mengedukasi generasi milenial di masa pandemi Covid-19 mengenai hal kesehatan, keberadaan populasinya, gaya hidup generasi milenial, pengaruh generasi milenial terhadap perekonomian, pemahaman labil generasi milenial, serta pekerjaan bisnis yang cocok dengan generasi milenial. Penyebab masalah ditentukan tempo.co edukasinya terhadap milenial terfokus pada kinerja atau hasil wawancara pemerintah tentang generasi milenial, ataupun hasil dari penelitian-penelitian tentang generasi milenial. Selain itu terdapat penyebab masalah lain seperti penjelasan dari artikel ternama dan ahli bidang kesehatan, Pesan yang disampaikan media online tempo.co tertuju pada keakrabannya dengan teknologi digital dan finansial seperti pemanfaatan teknologi informasi sebagai platform produktif. Sektor ekonomi kreatif pun disebutkan ditunjang oleh generasi milenial, Selain itu terdapat pesan lain tentang antisipasi pencegahan kanker lingkup generasi milenial dan pemahaman radikal yang mendoktrin generasi milenial di arus informasi yang masif solusi disampaikan tempo.co seperti generasi milenial penting untuk mempelajari komunikasi antar generasi baik secara digital ataupun langsung hal ini guna menguatkan interaksi keluarga dan interaksi social.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Milenial; Edukasi; Tempo.co; Covid-19
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Teten Handani
Date Deposited: 09 Mar 2023 05:11
Last Modified: 09 Mar 2023 05:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65672

Actions (login required)

View Item View Item