Bimbingan keagamaan dengan pendekatan masthurah untuk meningkatkan sikap qonaah para istri penelitian di Halaqah Jamaah Tabligh Cikutra Kota Bandung

Septia, Resti (2022) Bimbingan keagamaan dengan pendekatan masthurah untuk meningkatkan sikap qonaah para istri penelitian di Halaqah Jamaah Tabligh Cikutra Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (760kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada terdapatnya perasaan tidak nyaman, cemas, bingung serta perasaan terjebak pada situasi sulit dalam masa ketika istri jauh dari suami. Jama’ah tabligh di halaqah Cikutra Bandung merupakan salah satu aktivis kegamaan yang aktif mensyi’arkan ajaran agama islam melalui khuruj. Melihat adanya problema perasaan yang kurang stabil pada istri jama’ah tabligh dan perlunya penguatan fungsi agama agar dapat menghidupkan amalan agama di rumah maka di halaqah Cikutra Bandung mengadakan kegiatan masthurah bagi para jama’ah. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode masthurah dalam menumbuhkan sikap Qona’ah istri jama’ah tabligh, (2) untuk mengetahui implementasi bimbinga keagamaan dengan metode masthurah dalam menumbuhkan sikap Qona’ah istri jama’ah tabligh di Halaqah Cikutra Kota Bandung, (3) untuk mengetahui bagaimana hasil peningkatan rasa Qona’ah terhadap penerimaan nafkah istri jama’ah tabligh di Halaqah Cikutra Kota Bandung Penelitian ini dilandaskan kepada teori khuruj jama’ah tabligh, teori bimbingan keagamaan masthurah, dan teori sikap qana’ah. Digunakannya teori ini karena permasalahan yang dihadapi ialah fase saat suami pergi khuruj, masthurah digunakan karena kegiatan bimbingan keagamaannya menggunakan masthurah dan sikap qana’ah merupakan hasil dari kegiatan masthurah tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menggambarkan secara natural sistematis sikap qona’ah istri jama’ah tabligh sesuai dengan fakta di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrument penelitian, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh berupa catatan-catatan lengkap dalam semua hal pembicaraan ketika melakukan wawancara dengan informan di halaqah jama’ah tabligh Cikutra serta observasi tanpa adanya penambahan dan pengurangan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, bimbingan keagamaan dengan metode masthurah menunjukkan adanya perubahan yang terjadi, diantaranya: kestabilan emosional, perubahan karakter, perubahan sikap dan perubahan cara menghadapi masalah serta penerimaan diri terhadap kehidupan sehingga metode masthurah terhadap para jama’ah tabligh khususnya para istri dapat menumbuhkan sikap qana’ah dalam menghadapi masa sendiri ketika suaminya pergi khuruj khususnya dalam penerimaan nafkah. Hal ini terlihat dari adanya empat sifat yang menyertainya sekaligus menjadi ciri qona’ah yaitu sabar, syukur, zuhud dan ridha.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: jama’ah tabligh; khuruj; metode masthurah; dan sikap qana’ah
Subjects: Religious Mythology > Attitudes of Religions Toward Social Issues
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Resti Septia
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:52
Last Modified: 09 Mar 2023 01:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65674

Actions (login required)

View Item View Item