Komunikasi pemerintahan dalam menyampaikan pesan keagamaan: Studi deskriptif di Desa Kademangan Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur

Ambari, Cep (2022) Komunikasi pemerintahan dalam menyampaikan pesan keagamaan: Studi deskriptif di Desa Kademangan Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Komunikasi pemerintahan menjadi salahsatu tolak ukur keberhasilan dalam menyampaikan pesan kebijakan pemerintah kepada masyarakat agar pesan yang disamapaikan oleh pemerintah mudah diterima. Dimasa pandemi kemarin banyak sekali polemik dimasayarakat terkait kebijakan pemerintah dalam memberlakukan pembatasan ibadah selama Pandemi berlangsung, dimulai pemerintah meniadakan shalat berjamaah yang dilakukan di masjid, shalat mengunakan masker, jarak shalat berjamaah yang harus renggang, kegiatan PHBI yang ditiadakan, hal ini menuai banyak penolakan dibeberapa Desa di Kecamatan Mande. Tetapi lain halnya dengan Desa Kademangan, di Desa Kademangan dinamika penolakannya rendah di banding dengan Desa-Desa yang lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu. Pertama, Ingin mengetahui sejauh mana pesan yang disampaikan oleh pemerintah bisa menuai banyak penolakan dari masyarkat. Kedua, untuk mengetahu bagaimana komunikasi yang digunakan oleh pemerintahan Desa Kademangan mengkomunikasikan pesan sehingga dinamika yang terjadi di Desa Kademangan rendah dibanding dengan Desa-Desa lain yang ada di Kecamatan Mande. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan metode ini peneliti dapat menjelaskan dan menggambarkan bagaimana proses pemerintahan Desa Kademangan mengkomunikasikan pesan keagamaan, jenis data yang diambil dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi, dalam melakukan analisis data penulis mengunakan analisis deskriktif kualitatif yaitu berusaha memaparkan data sebagaimana adanya dengan melakukan pengamatan secara langsung, sehingga dapat menggambarkan permaslahan secara langsung. Hasil penelitian, berdasarkan hasil penelitian bahwa komunikasi yang dilakukan oleh pemerintahan Desa Kademangan. Pertama, mengunakan komunikasi informatif, yaitu mengunakan media pamplet yang ditempel dimading informasi, bender , bander dan media TOA. Kedua, mengunakan komunikasi persuasif. Dengan cara pendekatan humanis dan harmonis, mengunakan media kopi dan roko, pada saat itu pemerintah menyampaikan pesan terkait anjuran pemerintah Ketiga, pelaku komunikasinya yaitu para tokoh agama, tokoh Agama dilibatkan dalam satgas covid sehinga pesan berupa anjuran pembatasan ibadah dimasa pandemi akan mudah diterima apabila melalui tokoh Agama dan Pesan yang dikemas dengan materi keagamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Peemerintahan; Pesan; Keagamaan
Subjects: Religious Mythology > Attitudes of Religions Toward Social Issues
Political dan Government Science > Structure and Functions of Government
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Cep Ambari
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:37
Last Modified: 09 Mar 2023 03:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65695

Actions (login required)

View Item View Item