Herlambang, Ellang Agustri (2023) Strategi pengembangan pariwisata di kawasan Majalengka bagian tengah. Sarjana thesis, UIN SunanGunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (398kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) untuk mengetahui kekuatan yang dimiliki kawasan Majalengka bagian tengah, 2) untuk mengetahui kelemahan yang dimiliki Majalengka bagian, 3) untuk mengetahui peluang yang dimiliki kawasan Majalengka bagian tengah, 4) untuk mengetahui ancaman yang dimiliki kawasan Majalengka bagian tengah, 5) untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori analisis SWOT dari Rangkuti (2009). Data yang diperoleh berasal dari observasi, wawancara, studi literatur, dan dokumentasi. Penulis memilih 11 informan dengan rincian 6 stakeholder, dan 5 orang pengunjung destinasi wisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang harus diambil oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka dalam mengembangkan pariwisata di kawasan Majalengka tengah adalah melalui strategi S-O yaitu strategi yang menggunakan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang terdiri dari : 1) menggiatkan promosi pariwisata melalui event-event dan pameran, 2) membuat sebuah peta destinasi wisata Kabupaten Majalengka yang ditempatkan di tempat strategis, 3) membuat regulasi tentang penggiatan promosi kepariwisataan dan mengajak semua pihak terlibat didalamnya, 4) membuat pusat souvenir shop, dan 5) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan saling bekerjasama dengan para stakeholder pemilik lahan dan pengelola destinasi wisata. 6) Mempermudah izin bagi para penggiat pengembangan pariwisata. 7) digiatkannya sosialisasi terkait Perda Kepariwisataan. 8) Mendorong masyarakat dan pengelola untuk dapat bekerjasama dengan Pemerintah Daerah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis SWOT; Pariwisata; Pengembangan; Strategi; |
Subjects: | Public Administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Ellang Agustri Herlambang |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 03:38 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 03:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/65700 |
Actions (login required)
View Item |