Strategi pembangunan ekonomi pasca Covid-19 pada sektor Perdagangan Industri Tekstil di Kabupaten Bandung

Firdaus, Muhammad Bisri Al’fajri (2023) Strategi pembangunan ekonomi pasca Covid-19 pada sektor Perdagangan Industri Tekstil di Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab 1.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

Pendemi covid-19 sangat mempengaruhi aspek-aspek kehidupan masyarakat terutama dalam aspek ekonomi. Dimana hal itu menyebabkan penurunan pendapatan bagi masyarakat sehingga imbasnya pada penurunan ekonomi, penurunan pendapatan ini hingga saat ini disebabkan oleh masyarakat yang mengalami putus kerja oleh perusahaan mereka dan juga terhambatnya aktivitas perdagangan perusahaan mereka khususnya perusahaan industri tekstil di Kabupaten Bandung. Oleh karena itu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Satpel Industri Tekstil dan Perusahaan Industri Tekstil dituntut untuk membuat strategi dalam upaya untuk membantu pemulihan ekonomi sebagai bentuk pembangunan ekonomi. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pembangunan ekonomi yang diterapkan oleh Indag bersama Satpel dan Perusahaan Industri pada sektor perdagangan industri tekstil pasca covid-19. Penelitian ini menggunakan teori tentang strategi organisasi menurut Robbins yang terdiri dari empat dimensi yaitu: inovasi, diferensiasi pasar, keterjangkauan dan pengendalian biaya. Untuk metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Dan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan teori menurut Creswell yang meliputi mengolah dan menyiapkan data untuk dianalisis, membaca keseluruhan data, menganalisis lebih detail dengan membuat coding data, menerapkan coding untuk mendeskripsikan kategori yang akan dianalisis, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diketaui bahwa pelaksanaan strategi pembangunan ekonomi yang berjalan dengan baik ada pada strategi inovasi dengan indikator banyaknya inovasi dan program yang dilakukan dalam rangka pembangunan ekonomi, sedangkan untuk strategi diferensiasi pasar, keterjangkauan dan pengendalian yang belum dilaksanakan dengan baik dikarenakan indikator yang belum terlaksana dan hambatan dari eksternal sehingga lebih memfokuskan pada strategi inovasi saja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pembangunan Ekonomi; Perdagangan Industri Tekstil; Pasca Covid-19; Kabupaten Bandung; Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Muhammad Bisri Al’fajri Firdaus
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:22
Last Modified: 09 Mar 2023 07:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65717

Actions (login required)

View Item View Item