Pengaruh Mujahadah An-Nafs pada gaya hidup mahasiswa penggemar K-Pop (K-Popers): Studi pada mahasiswa program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan 2018

Rizki, Dzulliza Lathifani Nurul (2023) Pengaruh Mujahadah An-Nafs pada gaya hidup mahasiswa penggemar K-Pop (K-Popers): Studi pada mahasiswa program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan 2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa K-Popers di jurusan Tasawuf dan Psikoterapi dikenal sebagai seorang yang cukup aktif selama perkuliahan, dari fenomena penggemar K-Pop yang dapat menerapkan pola pikir positif dan menerapkannya dalam gaya hidup mereka maka hal ini bertolak belakang dengan stereotype umum di mana K-Popers ini dianggap sangat fanatik dan tidak mementingkan real lifenya, dengan self- control yang rendah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan sikap mujahadah an-nafs, tingkatan gaya hidup, dan pengaruh dari mujahadah an-nafs pada gaya hidup mahasiswa K-popers di jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Angkatan 2018. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh dari mujahadah an-nafs terhadap gaya hidup mahasiswa K-popers jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan 2018. Mujahadah an-nafs atau self-control ialah kemampuan seseorang untuk membimbing dirinya dan menekankan implus-implus yang muncul di dalam dirinya secara disengaja dan sadar, dan gaya hidup merupakan cara seseorang menghabiskan waktunya sehari-hari, kegiatan apa yang dilakukannya, pola perilaku seseorang yang dimanifestasikan dalam aktivitas, minat serta opininya. Metode yang diterapkan pada penelitian ini ialah model kuantitatif dengan desain penelitian survey research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran kuesioner melalui media Google form kepada sampel penelitian sebanyak 23 responden dari total populasi 59 mahasiswa aktif Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2018 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang tergolong K-Popers memiliki tingkat sikap mujahadah an-nafs yang tinggi dengan persentase sebesar 34,8%, gaya hidup mahasiswa yang yang tergolong K-Popers memiliki tingkat gaya hidup sedang dengan persentase sebesar 52,2%, serta terdapat pengaruh yang signifikan dari sikap mujahadah an-nafs terhadap gaya hidup dan angka korelasi positif. Artinya, semakin tinggi sikap mujahadah an-nafs maka semakin tinggi pula gaya hidup pada mahasiswa K-Popers jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan 2018.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mujahadah An-Nafs; Self-Control; Gaya Hidup
Subjects: Psychology
Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Dzulliza Lathifani Nurul Rizki
Date Deposited: 10 Mar 2023 04:23
Last Modified: 10 Mar 2023 04:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65732

Actions (login required)

View Item View Item