Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) atas biaya administrasi pernikahan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cikalong Wetan

Aprianingsih, Mela Karmila (2023) Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) atas biaya administrasi pernikahan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cikalong Wetan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy

Abstract

Mewujudkan pengelolaan yang baik dalam pengelolaan biaya administrasi pernikahan, memerlukan suatu proses tata Kelola keuangan Kantor Urusan Agama yang baik untuk menciptakan laporan pertanggungjawaban yang diharapkan. Laporan pertanggungjawaban bukan hanya menjalankan kewajiban, melainkan laporan pertanggungjawaban harus sesuai dengan data yang terjadi dilapangan salah satunya lebih berfokus terhadap pengelolaan biaya. Pengelolaan biaya adalah bentuk dari manajemen dalam mengelola biaya yang terdapat pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Cikalong Wetan, sehingga mewujudkan pengelolaan biaya adminitrasi pernikahan lebih transparan, akuntabel dan terarah, karena biaya pernikahan yaitu biaya yang cukup sering masuk atau dapat dibilang pendapatan yang akan disetrokan kepada kas negara. Maka dari itulah perlu adanya pengetahuan mengenai pengelolaan biaya pernikahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan biaya dalam penerimaan biaya, pemindahan biaya, penggunaan biaya, dan pengendalian kegiata keuangan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cikalong Wetan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan keputusan Creswell yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Bastian, 2007:115 dalam buku Akuntansi Biaya, yang menyebutkan bahwa pengelolaan biaya mengembangkan prosedur penerimaan, pemindahan, penggunaan, pengendalian laporan pertanggungjawaban. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan biaya administrasi pernikahan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cikalong Wetan sudah berjalan cukup baik, meskipun masih terdapat beberapa hal yang belum efektif yaitu: ketidaksesuaian dalam penggunaan atas PNBP yang disetorkan pada kas negara, pembayaran biaya pernikahan masih menggunakan tradisional, dan terdapat perspektif jumlah biaya administrasi pernikahan dikalangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Biaya; Pernikahan;.
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Mela Karmila Aprianingsih
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:10
Last Modified: 10 Mar 2023 02:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65793

Actions (login required)

View Item View Item