Strategi public relations dalam meningkatkan citra Yayasan Pendidikan Islam (YPI) AL-Falah: Studi deskriptif kualitatif di YFI Al-falah Bandung

Satria, Agung Sukma (2013) Strategi public relations dalam meningkatkan citra Yayasan Pendidikan Islam (YPI) AL-Falah: Studi deskriptif kualitatif di YFI Al-falah Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)

Abstract

Kurangnya minat masyarakat terhadap keberadaan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) AL-Falah Kabupaten Bandung adalah faktor utama yang menyebabkan kemunduran bagi yayasan tersebut. Dalam hal ini peningkatan Citra oleh Divisi Humas perlu dilakukan untuk mendongkrak respon masyarakat. Untuk itu permasalahan ini menjadi menarik untuk diteliti. Adapun masalah penelitiaannya adalah bagaimana langkah-langkah yang dilakukan Divisi Humas untuk menganalisis, memilih dan mengimplementasikan strategi yang dijalankan dalam rangka meningkatkan Citra YPI AL-Falah Kabupaten Bandung tersebut. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan Divisi Humas untuk menganalisis, memilih dan mengimplementasikan dalam rangka meningkatkan Citra YPI AL-Falah. Teori yang digunakan peneliti yaitu Image Theory atau Teori Citra. Citra mencerminkan pemikiran, emosi dan persepsi individu atas apa yang mereka ketahui. Terkadang, persepsi diyakini sebagai realitas karena persepsi membentuk citra. Untuk itu, diperlukan peningkatan pemasaran citra (Image Marketing) yang bukan sekadar bisa tampil elegan dengan iklan atau menyatakan sebagai yang terbesar atau terbaik, melainkan lebih dari itu, mengupayakan agar nama dan reputasi perusahaan atau lembaga serta persepsi publik semakin positif. Kumpulan citra di benak khalayak atau publik membentuk reputasi korporat. Selain teori citra, penelitian ini juga mengacu pada Teori Management Public Relations. Gruning dan Hunt menyarankan pada pengelola sistem Public Relations suatu organisasi/perusahaan untuk membentuk suatu confort (keharmonisan) dengan berbagai unsur dalam organisasi/perusahaan itu sendiri. Metode yang digunakan adalah metode deskripitif analisis melalui pendekatan kualitatif, karena permasalahan yang diteliti bersifat faktual dan merupakan satu kesatuan yang terintegrasi. Dalam operasionalnya data yang diperoleh menitik beratkan pada observasi dan suasana alamiah yang diperoleh tidak hanya dideskripsikan melainkan dilanjutkan dengan analisis dan interpretasi sehingga diperoleh kesimpulan yang akurat. Hasil pembahasan penelitian menunjukan bahwa divisi Humas melakukan strategi Public Relations dalam meningkatkan citra YPI AL-Falah melalui beberapa tahap, pertama analisis strategi, divisi humas terlebih dahulu menganalisis lingkungan eksternal dan internal sehingga memperoleh kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Kedua pilihan strategi, divisi humas merumuskan strategi mengacu pada hasil analisis lingkungan, kemudian strategi tersebut dipilih sesuai permasalahan yang dihadapi, adapun strategi yang dipilih antara lain membina hubungan baik dengan masyarakat, mengadakan interaktif, menerbitkan bulletin, mengadakan open house, serta menjalin hubungan baik dengan instansi-instansi lain. Ketiga implementasi strategi, divisi humas YPI AL-Falah mengimplementasikan strategi yang telah dirumuskan tadi dengan cara dirumuskan kedalam dua rumus, antara lain strategi oprasional dan strategi publikasi. Dari hasil kerja divisi Humas, YPI AL-Falah mengalami peningkatan citra yang cukup berarti di mata masyarakat. Hal itu dapat dilihat dengan bertambahnya jumlah siswa dari tahun ke tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Public Relations; Citra Yayasan Pendidikan Islam; YPI AL-Falah; Bandung;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 29 Feb 2016 00:53
Last Modified: 15 Jul 2019 04:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/658

Actions (login required)

View Item View Item