Jammaliah, Siti Haditsa Tien (2023) Strategi literasi Zakat dalam meningkatkan Public Awareness : Studi deskriptif di BAZNAS Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (270kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (963kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA : BAZNAS Provinsi Jawa Barat merupakan lembaga formal yang berwenang menghimpun dan mendistribusikan zakat, infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya. BAZNAS Provinsi Jawa Barat memiliki tujuan untuk memaksimalkan literasi zakat dan meningkatkan penghimpunan ZIS skala regional. Diperlukan strategi yang dapat meningkatkan literasi zakat masyarakat sehingga potensi dana zakat dapat tercapai dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan pengelolaan pada strategi literasi zakat yang dilakukan BAZNAS Provinsi Jawa Barat, menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (Analisis SWOT) dari strategi literasi zakat yang dilakukan BAZNAS Provinsi Jawa Barat, dan mengetahui hasil strategi literasi zakat dalam meningkatkan public awareness. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan suatu fenomena secara rinci dan mendalam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul akan diklasifikasikan, kemudian dianalisis untuk mendapatkan rumusan yang baik dan benar dengan menggunakan pola berpikir induktif. Dari hasil penelitian, terungkap bahwa BAZNAS Provinsi Jawa Barat telah menggunakan tiga strategi literasi zakat, yaitu kampanye di media sosial, kajian kepada masyarakat, serta audiensi dan sosialisasi kepada perusahaan. Strategi tersebut dilakukan secara inkremental atau berjalan dengan teratur dan dilakukan secara masi. Hasil analisis SWOT menunjukan bahwa ketiga strategi tersebut memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat yang berasal dari internal dan eksternal organisasi. Strategi literasi zakat yang dilakukan oleh BAZNAS Provinsi Jawa Barat dapat memberikan hasil positif pada public awareness yaitu berupa peningkatan di media sosial, peningkatan pemahaman masyarakat mengenai zakat, dan peningkatan dana zakat. Oleh karena itu, pelaksanaan strategi literasi zakat perlu dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan. ENGLISH : BAZNAS West Java Province is a formal institution authorized to collect and distribute zakat, infaq, alms, and other religious social funds. BAZNAS West Java Province has the goal of maximizing zakat literacy and increasing ZIS collection on a regional scale. A strategy is needed that can improve community zakat literacy so that the maximum potential for zakat funds can be achieved. This study aims to determine management actions on the zakat literacy strategy carried out by BAZNAS West Java Province, analyze the strengths, weaknesses, opportunities and threats (SWOT analysis) of the zakat literacy strategy carried out by BAZNAS West Java Province, and find out the results of the zakat literacy strategy in increasing public awareness. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. Descriptive method is used to describe and explain a phenomenon in detail and depth. Data collection was carried out using observation techniques, interviews, and documentation studies. The collected data will be classified, then analyzed to get a good and correct formulation using inductive thinking patterns. From the results of the research, it was revealed that BAZNAS of West Java Province has used three zakat literacy strategies, namely campaigns on social media, community studies, as well as audiences and outreach to companies. The strategy is carried out incrementally or runs regularly and is carried out on a massive basis. The results of the SWOT analysis show that the three strategies have supporting factors and inhibiting factors that come from internal and external organizations. The zakat literacy strategy carried out by BAZNAS of West Java Province can give positive results to public awareness, namely in the form of an increase in social media, an increase in public understanding of zakat, and an increase in zakat funds. Therefore, the implementation of the zakat literacy strategy needs to be carried out continuously and sustainably.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Literasi Zakat; Public Awareness; Hasil |
Subjects: | General Management > Organizations General Management > Planning and Strategic Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Siti Haditsa Tien Jammaliah |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 07:01 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 07:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/65806 |
Actions (login required)
View Item |