Pengaruh Book Value per Share (BVS), Price to Book Value (PBV), dan Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang termasuk LQ45 periode 2011-2020

Najib, Ahmad (2022) Pengaruh Book Value per Share (BVS), Price to Book Value (PBV), dan Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang termasuk LQ45 periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Seorang investor dalam menentukan keputusan investasi di pasar modal harus mempertimbangkan berbagai aspek agar dapat meraih keuntungan yang diharapkan di masa yang akan datang. Salah satu aspek tersebut adalah rasio keuangan nilai pasar. Rasio ini digunakan untuk menganalisis harga pasar suatu saham dan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi perubahannya. Book Value per Share, Price to Book Value dan Price Earning Ratio yang berfluktuasi diduga dapat mempengaruhi perubahan harga saham. Penelitian ini dilakukan karena adanya perbedaan hasil antara penelitian terdahulu dan ketidaksamaan hasil dengan teori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh atau tidak antara Book Value per Share, Price to Book Value dan Price Earning Ratio terhadap harga saham baik secara parsial maupun simultan dengan menggunakan sampel pada perusahaan manufaktur yang termasuk LQ45 periode 2011-2020. Penelitian ini menggunakan teori utama yang dapat memberikan informasi dan petunjuk bagi pihak investor sebagai pertimbangan dalam berinvestasi. Teori ini disebut sebagai teori sinyal atau signaling theory, dimana investor dapat melihat informasi yang dibutuhkan dari harga saham yang dianalisis secara teknikal dan fundamental serta dari analisis laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif serta bersumber pada data sekunder, dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 9 perusahaan. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan regresi data panel diantaranya analisis deskriptif, analisis regresi berganda, analisis uji hipotesis (uji t dan uji F) dan analisis determinasi. Pengolahan data awal ditunjang dengan Microsoft Excel 2019 kemudian dibantu menggunakan software Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial dan signifikan antara rasio Book Value pe Share dan Price to Book Value terhadap harga saham, sementara pada variabel Price Earning Ratio tidak terdapat pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap harga saham. Secara simultan rasio Book Value pe Share, Price to Book Value dan Price Earning Ratio memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham manufaktur yang termasuk LQ45 periode 2011-2020. Antar variabelnya menunjukkan hubungan yang sangat kuat, dan variabel bebas dapat menjelaskan secara baik informasi yang dibutuhkan untuk memperkirakan variasi dalam variabel terikat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: keuangan; manajemen; harga saham; pasar modal; investasi
Subjects: Financial Economics, Finance
Public Finance
Accounting
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
General Management
General Management > Data Processing and Analysis of Management
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ahmad Najib
Date Deposited: 10 Mar 2023 07:52
Last Modified: 10 Mar 2023 07:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65830

Actions (login required)

View Item View Item