Analisis penerapan PSAK no.105 akuntansi Mudharabah terhadap sistem bagi hasil pada Tabungan Easy Mudharabah di BSI Kantor Cabang Bandung Ujung Berung 1

Putri, Liza Monica (2023) Analisis penerapan PSAK no.105 akuntansi Mudharabah terhadap sistem bagi hasil pada Tabungan Easy Mudharabah di BSI Kantor Cabang Bandung Ujung Berung 1. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan berbagai lembaga keuangan syariah yang ada, maka berkembang pula regulasi atau pedoman yang mengatur segala bentuk sektor keuangan dan ekonomi berdasarkan standar syariah atau dikenal dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Bank Syariah Indonesia dalam melakukan kegiatannya dan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa bunga bank itu haram dan salah satunya menggunakan pembiayaan mudharabah yang menggunakan sistem margin dan sistem bagi hasil. Salah satu aktivitas Bank Syariah Indonesia cabang Ujungberung 1 Bandung adalah salah satu produk tabungan syariahnya yang dikenal dengan produk Tabungan Easy Mudharabah. Dalam penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mendapatkan hasil dari analisis penerapan PSAK105 akuntansi mudharabah terhadap sistem bagi hasil pada produk tabungan easy mudharabah di BSI KC Bandung Ujungberung 1 bisa mendapatkan hasil analisis yang sesuai dengan fakta lapangan di BSI. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan analisis. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggambarkan prosedur analisis yang tidak menggunakan metode statistik dan kuantifikasi lainnya dalam tahap pencarian informasi selama penelitian. BSI KC Bandung Ujung Berung 1 telah melaksanakan kegiatan pembiayaan mudharabah pada produk Tabungan Easy Mudharabah telah sesuai dengan PSAK 105 bahwa prinsip bagi hasil yang diterapkan BSI KC Bandung Ujung Berung 1 pada pembiayaan mudharabah mutlaqah pada produk Tabungan Easy Mudharabah mengacu pada prinsip revenue sharing. Penentuan nisbah bagi hasil atas pembiayaan mudharabah mutlaqah yang dilakukan oleh BSI KC Bandung Ujung Berung 1 dan nasabahnya yang pada akhirnya tertuang dalam suatu akad dan nisbahnya berdasarkan keuntungan yang diperoleh nasabah. Perhitungan bagi hasil akuntansi pembiayaan mudharabah mutlaqah pada BSI KC Bandung Ujung Berung 1 telah sesuai dengan PSAK 105.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PSAK No. 105; Pembiayaan Mudharabah; Akuntansi Mudharabah; Tabungan Easy Mudharabah
Subjects: Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Liza Monica Putri
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:24
Last Modified: 17 Mar 2023 07:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65847

Actions (login required)

View Item View Item