Pengaruh Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. Hexindo Adiperkasa Tbk periode 2011-2020

Fadillah, Dilla Ananda Nur (2022) Pengaruh Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. Hexindo Adiperkasa Tbk periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membahas mengenai Pengaruh Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham Pada PT. Hexindo Adiperkasa Tbk. Periode 2011-2020. Return On Equity (ROE) merupakan rasio profitabilitas yang menukur suatu kemampuan pada sebuah perusahaan, untuk menghasilkan laba dari investasi pemegang saham dari perusahaan tersebut. Sedangkan Earning Per Share (EPS) merupakan rasio keuangan Rasio ini digunakan sebagai alat ukur untuk menghitung seberapa besar keuntungan atau kerugian perusahaan yang akan didapatkan dari jumlah lembar saham. Serta Harga Saham diartikan sebagai Harga pasar yang merupakan harga penutupnya (closing price). Jadi harga pasar inilah yang menyatakan naik turunnya suatu saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh Return On Equity (ROE) secara parsial terhadap Harga Saham; 2) Pengaruh Earning Per Share (EPS) secara parsial terhadap Harga Saham ; 3) Pengaruh Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) secara simultan terhadap Harga Saham pada PT. Hexindo Adiperkasa Tbk. Teori yang digunakan dalam penelitian ini digambar dalam kerangka bepikir yang menjelaskan bahwa terdapat hubungan yang saling berpengaruh dari setiap variabelnya antara Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Harga Saham. Apabila Return On Equity (ROE) mengalami kenaikan maka Harga Saham pun akan mengalami kenaikan begitupun sebaliknya, dan juga jika Earning Per Share (EPS) mengalami kenaikan maka Harga Saham pun akan mengalami kenaikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS for windows version 25. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Hexindo Adiperkasa Tbk Periode 2011-2020. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan hasil uji analisis koefisien determinasi pengaruh Return On Equity (ROE) secara parsial berpengaruh positif terhadap Harga Saham sebesar 56,02%, Earning Per Share (EPS) pun secara parsial berpengaruh positif terhadap Harga Saham sebesar 67,3%. Sedangkan pengaruh Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) secara simultan terhadap Harga Saham berpengaruh positif sebesar 69,1%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 30,9 % yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return On Equity; Earning Per Share; Harga Saham;
Subjects: Business > Statistic of Business
Accounting > Elementary Level of Accounting
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Dilla Ananda Nur Fadillah
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:30
Last Modified: 15 Mar 2023 02:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65880

Actions (login required)

View Item View Item