Pengaruh jumlah dana pihak ketiga dan prtumbuhan jaringan kantor Perbankan Syariah terhadap pembiayaan UMKM di Indonesia tahun 2010-2016

Pebriasari, Chintia (2017) Pengaruh jumlah dana pihak ketiga dan prtumbuhan jaringan kantor Perbankan Syariah terhadap pembiayaan UMKM di Indonesia tahun 2010-2016. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_DAFTAR ISI.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_ABSTRAK.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (814kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy

Abstract

Di Indonesia, ada sekitar 52 juta UMKM yang eksis hingga hari ini. Sayangnya, keberadaan mereka belum banyak terakomodasi permodalan oleh bank-bank besar. Sebagian perbankan besar masih khawatir terhadap keberlanjutan UMKM tersebut. Salah satu sumber dana yang disalurkan untuk pembiayaan UMKM adalah Dana Pihak Ketiga, dan yang menjadi hambatan salah satunya adalah Modal usaha yang merupakan faktor dominan yang mempengaruhi pengembangan UMKM. Modal usaha menentukan banyaknya produksi dan omset yang dapat berpengaruh kepada keuntungan yang didapatkan pelaku usaha. Pengembangan jaringan kantor bank syariah juga diperlukan dalam rangka perluasan jangkauan pelayanan kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: Signifikansi 1) pengaruh jumlah Dana Pihak Ketiga Perbankan Syariah terhadap Pembiayaan UMKM di Indonesia tahun 2010-2016. 2) Signifikansi pengaruh Pertumbuhan Jaringan Kantor Perbankan Syariah terhadap Pembiayaan UMKM di Indonesia tahun 2010-2016. 3) Seberapa besar pengaruh Jumlah Dana Pihak Ketiga dan Pertumbuhan Jaringan Kantor Perbankan Syariah terhadap Pembiayaan UMKM di Indonesia tahun 2010-2016. Penelitian ini menggunakan teori marketing mix, dimana lebih di spesifikasi hanya dua jenis yaitu product dan place, product mencakup teori dana pihak ketiga dan place yaitu pada jaringan kantor perbankan syariah. Serta teori UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi atau kepustakaan, baik yang bersifat hard-copy untuk dokumen atau pustaka dalam bentuk cetak, atau pun soft-copy. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif verifikatif. Sedangkan analisis data menggunakan statistika parametrik dengan uji korelasi parsial, korelasi simultan, dan uji regresi. Penggunaan statistika parametrik mensyaratkan skala data interval atau rasio. Oleh karena itu, untuk memenuhi syarat tersebut terlebih dahulu dilakukan transformasi data dari rasio keuangan kedalam bentuk persentase untuk memudahkan dalam pengolahan statistik. Sebelum dilakukan uji statistik parametrik, terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Pengaruh Jumlah Dana Pihak Ketiga terhadap Pembiayaan UMKM terdapat pengaruh namun tidak signifikan,, 2) Pertumbuhan Jaringan Kantor terhadapa Pembiayaan UMKM terdapat Pengaruh namun tidak signifikan.3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara jumlah dana pihak ketiga dan jaringan kantor terhadap pembiayaan UMKM.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dana Pihak Ketiga; Jaringan Kantot; UMKM;
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Chintia Pebriasari
Date Deposited: 13 Mar 2023 08:17
Last Modified: 13 Mar 2023 08:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65906

Actions (login required)

View Item View Item