Penerapan program bercocok tanam secara hidroponik menggunakan instalasi barang bekas untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan pada siswa: Penelitian deskriptif kualitatif di SDN Ngagelrejo I/396 Surabaya

Jayanti, Novita Dwi (2023) Penerapan program bercocok tanam secara hidroponik menggunakan instalasi barang bekas untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan pada siswa: Penelitian deskriptif kualitatif di SDN Ngagelrejo I/396 Surabaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pada skripsi ini dilatar belakangi oleh temuan masalah berupa banyaknya masyarakat yang kurang peduli terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga terjadi pencemaran lingkungan dimana-mana. Tidak hanya terjadi di lingkungan masyarakat namun juga terjadi di lingkungan sekolah. Dalam menghadapi permasalahan lingkungan saat ini hal yang sangat penting dilakukan yaitu dengan mendidik, mengajarkan, dan memberikan informasi kepada masyarakat khususnya siswa di sekolah yaitu dengan menerapkan penanaman karakter peduli lingkungan sejak dini pada siswa. Salah satu program yang diterapkan di SDN Ngagelrejo I/396 untuk menigkatkan karakter peduli lingkungan pada siswa yaitu dengan bercocok tanam hidroponik menggunakan instalasi barang bekas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pelaksanaan meningkatkan karakter peduli lingkungan melalui program bercocok tanam hidroponik menggunakan instalasi barang bekas di SDN Ngagelrejo I/396 Surabaya, 2) Manfaat penggunaan barang bekas sebagai instalasi bercocok tanam hidroponik dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan di SDN Ngagelrejo I/396 Surabaya, 3) karakter peduli lingkungan yang dihasilkan melalui program bercocok tanam menggunakan instalasi barang bekas di SDN Ngagelrejo I/396 Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah koordinator adiwiyata, koordinaor hidroponik atau guru pendamping, dan siswa SDN Ngagelrejo I/396 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, Pelaksanaan meningkatkan karakter peduli lingkungan melalui program bercocok tanam hidroponik di SDN Ngagelrejo I/396 Surabaya dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu : 1) Tahap persiapan, 2) Tahap penanaman, 3) Tahap perawatan, 4) Tahap pengendalian hama, dan 5) Tahap pemanenan. Manfaat penggunaan barang bekas sebagai instalasi bercocok tanam hidroponik dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan di SDN Ngagelrejo I/396 surabaya adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan yaitu dengan memanfaatkan kembali sampah. Karakter peduli lingkungan yang dihasilkan melalui program bercocok tanam hidroponik menggunakan instalasi barang bekas di SDN Ngagelrejo I/396 Surabaya adalah, sebagai berikut : 1) Membuang sampah pada tempatnya, 2) Mengerjakan tugas piket, 3) Menghijaukan sekolah dengan tanaman, 4) Menjaga dan merawat tanaman sekolah, dan 5) Menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Peduli Lingkungan; Hidroponik
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Novita Dwi Jayanti
Date Deposited: 14 Mar 2023 06:22
Last Modified: 14 Mar 2023 06:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65934

Actions (login required)

View Item View Item