Pembelajaran bahasa arab melalui bahan ajar Amtsilati untuk meningkatkan keterampilan membaca kitab berbahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Jepara dan Alwasilah Lilhasanah Sukabumi

Soe'aiddy, Mochammad Deddy (2023) Pembelajaran bahasa arab melalui bahan ajar Amtsilati untuk meningkatkan keterampilan membaca kitab berbahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Jepara dan Alwasilah Lilhasanah Sukabumi. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di dunia pendidikan pesantren saat ini masih terlihat adanya santri yang kurang memiliki keterampilan membaca kitab berbahasa Arab klasik maupun kontemporer. Sedangkan tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis: 1) Desain pembelajaran bahasa Arab melalui bahan ajar amtsilati; 2) Implementasi pembelajaran bahasa Arab melalui bahan ajar amtsilati; 3) Evaluasi pembelajaran bahasa Arab melalui bahan ajar amtsilati; 4) Sejauh mana keberhasilan pembelajaran bahasa Arab melalui bahan ajar amtsilati untuk meningkatkan keterampilan santri membaca kitab; 5) Apa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran bahasa Arab melalui bahan ajar amtsilati. Penelitian tersebut akan dicari jawabannya di dua lokasi penelitian, yaitu di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Jepara dan Alwasilah Lilhasanah Sukabumi. Adapun metode dalam penelitian ini ialah metode penelitian naturalistik, yaitu jenis metode penelitian yang berdasarkan tingkat kealamiahannya digunakan untuk meneliti pada tempat yang alamiah dan tidak ada perlakuan dari peneliti. Sedangkan hasil penelitian ini adalah: 1) Desain pembelajaran bahasa Arab melalui bahan ajar amtsilati yaitu: a) Berorientasi pada santri; b) Sistemik, yang terdiri dari lima jilid buku utama dan tiga jilid penunjang; c) Empiris, karena sudah terbukti hasilnya dan berulang-ulang dikuatkan dengan cara membaca dan menghafal materi. 2) Implementasi pembelajaran bahasa Arab melalui bahan ajar amtsilati dilakukan dengan cara latihan, pemberian makna, hafalan dan penerapan kata per kata dalam kelas praktik. 3) Evaluasi pembelajaran bahasa Arab melalui bahan ajar amtsilati di Ponpes Darul Falah Amtsilati Jepara mencapai nilai yang baik yaitu rata-rata nilai ujian setiap jilidnya (jilid 1-5) sebesar 96, adapun evaluasi di Alwasilah Lilhasanah Sukabumi memperoleh nilai rata-rata 98 dari beberapa santri yang sudah lulus jilid 1-3. 4) Keberhasilan pembelajaran bahasa Arab melalui bahan ajar amtsilati yaitu meningkatkan keterampilan santri untuk membaca kitab berbahasa Arab (khususnya kitab kuning/tanpa harakat) di waktu yang relatif singkat (3-6 bulan), namun di Alwasilah Lilhasanah Sukabumi, waktu penyelesaian amtsilati ialah 2 tahun. 5) Faktor pendukung pembelajaran bahasa Arab melalui bahan ajar amtsilati di Ponpes Darul Falah Amtsilati Jepara banyak didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, namun faktor penghambatnya lebih kepada santri itu sendiri yang kurang giat belajar. Sedangkan di Ponpes Alwasilah Lilhasanah Sukabumi sangat didukung oleh guru yang mumpuni, namun faktor penghambatnya ialah jumlah guru yang kurang, yaitu hanya berjumlah dua orang dan harus mengajar santri yang berjumlah 80 orang, waktu belajarnya juga sedikit, hanya satu jam setengah, dan sehari hanya satu kali pertemuan.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab; Metode Pembelajaran; Amtsilati
Subjects: Arabic
Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: soe'aiddy mochammad deddy
Date Deposited: 14 Mar 2023 00:57
Last Modified: 14 Mar 2023 00:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65941

Actions (login required)

View Item View Item