Pengaruh Current Ratio (CR), Debt to Asset Ration (DAR) terhadap Return on Asset (RoA) : Studi pada PT Kimia Farma Tbk tahun 2010-2019

Sirojudin, Sirojudin (2023) Pengaruh Current Ratio (CR), Debt to Asset Ration (DAR) terhadap Return on Asset (RoA) : Studi pada PT Kimia Farma Tbk tahun 2010-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy

Abstract

Return on Assets (ROA) adalah salah satu bentuk dari rasio profitabilitas dimana dimaksudkan untuk mengukur dan menggambar kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba yang berguna untuk operasional perusahaan. Return On Assets (ROA) merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan manajemen perushaan dalam memperoleh keuntungan (laba) secara keseluruhan. Untuk melihat Return On Assets (ROA) suatu peusahaan dapat dilihatdari nilai Current Ratio atau juga Debt to Asset Ratio. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh Current Ratio dan Debt to Asset Ratio terhadap Return On Assets baik secara parsial ataupun secarasimultan pada PT Kimia Farma Tbk Tahun 2010 – 2019. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan perolehan data berjumlah 30 sampel pada PT Kimia Farma, Tbk Tahun 2010 – 2019. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang telah terpublikasi dalam website perusahaan. Model regresi yang digunakan adalah analisis deskriptif,Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji- T, Uji-F, dan Analisis Koefisien Determinasi. Hasil penelitian ini adalah Variabel Current Ratio (X1) berpengaruh parsialterhadap Return On Asset dimana nilai thitung= 3.148 dan ttabel = 2,052 sehingga mendapatkan persamaan thitung > ttabel. Untuk variabel Debt to Asset Ratio (X2) tidak berpengaruh terhadap Return On Asset dimana nilai thitung = 0.631 dan ttabel = 2.052 sehingga mendapatkan persamaan thitung ≤ ttabel. Sedangkan untuk Variabel Current Ratio (X1) dan Debt to Asset Ratio (X2) secara simultan berpengaruh terhadap Return On Asset dimana nilai Fhitung =4,992 dan Ftabel = 3,34 sehingga mendapatkan persamaan Fhitung > Ftabel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return On Assets; Current Ratio; Debt to Asset Ratio
Subjects: General Management > Managerial Accounting
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Sirojudin .
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:03
Last Modified: 14 Mar 2023 02:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65969

Actions (login required)

View Item View Item