Citra diri pengguna sktif media sosial fitur Instagram Stories dalam perspektif Dramaturgi : Studi deskriptif pada generasi Z di Perumahan Mutiara Gading Timur Kelurahan Mustika Jaya Kecamatan Mustika Jaya Kota Bekasi

Septiharyana, Nandy (2023) Citra diri pengguna sktif media sosial fitur Instagram Stories dalam perspektif Dramaturgi : Studi deskriptif pada generasi Z di Perumahan Mutiara Gading Timur Kelurahan Mustika Jaya Kecamatan Mustika Jaya Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan penggunaan media sosial yang dilakukan oleh generasi Z yang banyak menggunakan waktunya di media sosial untuk menampilkan yang terbaik kehidupan pribadinya, memenuhi kebutuhan unggahan di Instagram Stories sehingga menghasilkan tampilan citra diri yang begitu sempurna pada seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1.) deskripsi panggung depan citra diri generasi Z di Perumahan Mutiara Gading Timur Kelurahan Mustika Jaya Kecamatan Mustika Jaya Kota Bekasi pada media sosial fitur Instagram Stories, 2.) panggung belakang citra diri generasi Z di Perumahan Mutiara Gading Timur Kelurahan Mustika Jaya Kecamatan Mustika Jaya Kota Bekasi pada kehidupan sehari-hari. Landasan teori yang digunakan adalah teori dramaturgi Erving Goffman yang memandang bahwa hidup seperti panggung sandiwara terdapat panggung depan area seseorang menampilkan dirinya dengan persiapan dan panggung belakang adalah kehidupan pribadinya yang tidak diketahui oleh khalayak umum. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa generasi Z di Perumahan Mutiara Gading Timur pada panggung depan di media sosial fitur Instagram Stories menampilkan citra diri dengan persiapan yang sempurna pada latar panggung, penampilan dan gaya bertingkah laku untuk dapat dipercayai oleh pengikutnya dengan menampilkan citra diri positif yaitu dengan percaya diri menampilkan hobi di Instagram Stories, menghargai diri sendiri dengan selalu tampil trendy sesuai keinginan, menjaga tutur kata dan sikap. Mudah berinteraksi dengan teman dari berbagai daerah dan usia untuk memperluas relasi serta pengalaman, sehingga bisa mengoptimalkan potensi diri. Sedangkan, citra diri pada panggung belakang di kehidupan sehari-hari pada wilayah back region terlihat apa adanya dengan pakaian sederhana dan tidak mudah berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Wilayah off region, generasi Z dikenal dengan pribadi yang pendiam dan lebih bisa mengekspresikan diri terhadap apa yang dirasakan seperti kesedihan karena hanya ada diri sendiri dan tidak ditampilkan kepada orang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Citra Diri; Instagram Stories; Dramaturgi; Generasi Z;
Subjects: Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nandy Septiharyana
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:54
Last Modified: 15 Mar 2023 07:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66080

Actions (login required)

View Item View Item