Analisis keterampilan menulis karangan sederhana siswa pada pembelajaran tematik kelas III di MI Ibrahim Ulul Azmi : Penelitian kualitatif deskriptif terhadap siswa kelas III di MI Ibrahim Ulul Azmi

Ariana, Risanti Dwi (2023) Analisis keterampilan menulis karangan sederhana siswa pada pembelajaran tematik kelas III di MI Ibrahim Ulul Azmi : Penelitian kualitatif deskriptif terhadap siswa kelas III di MI Ibrahim Ulul Azmi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan peneliti yang dilakukan di kelas III MI Ibrahim Ulul Azmi ketika pembelajaran menulis. Berdasarkan hal tersebut, masih ada siswa yang belum lancar dalam hal menulis baik itu dalam menuangkan dan mengembangkan ide ke dalam tulisan. Di samping itu, masih banyak siswa yang mengalami kesalahan dalam penggunaan struktur kalimat dan ejaan. Hal ini mengakibatkan tingkat keterampilan menulis siswa menjadi rendah. Pada proses pembelajaran menulis pun, guru masih terpaku pada penyelesaian kompetensi dasar sehingga untuk pelaksanaan pembelajaran terkait pengembangan keterampilan menulis masih kurang diperhatikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis karangan sederhana, kesalahan dan kesulitan siswa ketika menulis karangan sederhana serta proses pembelajaran menulis karangan sederhana pada pembelajaran tematik di kelas III MI Ibrahim Ulul Azmi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah unjuk kerja, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles and Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yakni (1) keterampilan menulis karangan sederhana siswa pada pembelajaran tematik di kelas III MI Ibrahim Ulul Azmi berada pada kategori kurang dengan perolehan skor rata-rata keterampilan menulis 60. Dari 25 orang siswa, tidak ada siswa yang memperoleh kategori sangat baik atau 0%. Adapun banyak siswa yang memperoleh kategori baik sebanyak 1 orang atau 4%, kategori cukup sebanyak 10 orang atau 40%, kategori kurang sebanyak 14 orang atau 56% dan tidak ada siswa yang mendapat kategori sangat kurang atau 0%. (2) bentuk kesalahan dan kesulitan siswa meliputi menuangkan dan mengembangkan gagasan, penggunaan pilihan kata baku, penulisan kalimat efektif, penggunaan ejaan, penggunaan tanda baca dan penggunaan huruf kapital. (3) proses pembelajaran menulis karangan sederhana pada pembelajaran tematik di kelas III MI Ibrahim Ulul Azmi secara mekanisme sudah cukup baik. Hanya saja, guru kurang maksimal dalam menghidupkan pembelajaran. Hal ini dilihat dari kondisi siswa yang kurang antusias mengikuti pembelajaran. Penggunaan metode pembelajaran masih kurang maksimal dan variatif. Begitu juga pada penggunaan media pembelajaran yang kurang melibatkan siswa, sehingga perlu dimaksimalkan kembali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Karangan; Keterampilan Menulis; Pembelajaran Tematik
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Risanti Dwi Ariana
Date Deposited: 20 Mar 2023 02:10
Last Modified: 20 Mar 2023 02:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66108

Actions (login required)

View Item View Item