Pengaruh Carrent Rasio (CR) dan Debt To Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Eqity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah (ISSI) : Studi Di Pt. Merck Tbk. Periode 2011-2020

Awaludin, Heri Putra (2022) Pengaruh Carrent Rasio (CR) dan Debt To Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Eqity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah (ISSI) : Studi Di Pt. Merck Tbk. Periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
heri cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
heri abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
heri daptar isi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
heri bab 1.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
heri bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
heri bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
heri bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
heri bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy

Abstract

Return On Equity (ROE) salah satunya adalah rasio digunakan untuk mengukur kemempuan perusahaan dalam membandingkan jumlah pendapatan bersih (net income) perusahaan dan jumlah total modal investor pemilik Perusahaan. Laba yang dihasilkan oleh perusahaan dapat diketahui melalui alat pengukuran analisis laporan keuangan seperti Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Carrent Rasio Dan Debt To Asset Ratio secara simultan maupun secara parsial terhadap Return on Equity pada perusahaan yag terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) yaitu PT. Merck Tbk. Perusahaan yang memiliki Current Ratio (CR) semakin tinggi, maka semakin mudah perusahaan membayar hutang, sehingga tingkat likuiditas perusahaan akan semakin baik. Di sisi lain, perusahaan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan tambahan laba. Current Ratio (CR) perusahaan berbanding terbalik dengan profitabilitas, maksudnya semakin tinggi Current Ratio (CR) perusahaan maka kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba semakin rendah. Jika Debt to Asset Ratio (DAR) perusahaan meningkat dibandingkan dengan periode yang sebelumnya, otomatis jumlah hutang lebih besar dari modal sendiri yang dimiliki perusahaan, maka biaya yang ditanggung oleh perusahaan untuk pemenuhan kewajiban akan semakin besar sehingga menyebabkan Return on Equity (ROE) semakin menurun. Begitupula sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Merck Tbk. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browser dan dokumentasi. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : Current Ratio secara parsial terbukti berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity dengan koefisien determinasi sebesar 68,1%. Total Debt to Asset Ratio secara parsial terbukti berpengaruh terhadap Return On Equity dengan koefisien determinasi sebesar 20,7%. Total Current Ratio dan Total Debt to Asset Ratio secara simultan terbukti berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity dengan koefisien determinasi sebesar 70% di PT. Merck Tbk. 2011-2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Asset Ratio; Return On Equity
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Heri Putra awaludin
Date Deposited: 16 Mar 2023 07:32
Last Modified: 16 Mar 2023 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66121

Actions (login required)

View Item View Item