Pengaruh Working Capital Turn Over (WCTO) dan Debt To Assets Ratio (DAR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Alakasa Industrindo Tbk periode 2010-2021

Adiatno, Indrawan (2022) Pengaruh Working Capital Turn Over (WCTO) dan Debt To Assets Ratio (DAR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Alakasa Industrindo Tbk periode 2010-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Penjualan adalah kegiatan atau bisnis yang melibatkan penjualan produk atau layanan. Dalam proses penjualan, penjual atau pemasok barang dan jasa mengalihkan kepemilikan barang kepada pembeli dengan harga tertentu. Penjualan dapat dilakukan dengan berbagai cara melalui penjualan langsung dan perwakilan penjualan. Bisnis perlu memahami faktor-faktor yang dapat mengakibatkan untung atau rugi saat menjual barang atau jasa. Salah faktor yang dapat diperhatikan oleh perusahaan dalam menjalankan usahanya adalah dengan memahami situasi pasar untuk mengetahui efisiensi perusahaan dalam menghasilkan modal kerja yang beredar atau modal kerja yang beredar di perusahaan yaitu Debt To Asset Ratio (DAR) untuk mengevaluasi perusahaan dalam memenuhi kewajibannya dan menentukan laba atau net profit margin (NPM) yang terealisasi atas penjualan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Working Capital Turn Over (WCTO) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM). Bagaimana pengaruh Debt To Assets Ratio (DAR) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM) dan bagaimana pengaruh Working Capital Turn Over dan Debt To Assets Ratio (DAR) secara simultan terhadap Net Profit Margin (NPM). Kerangka berfikir yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori ketika Working Capital Turn Over mengalami peningkatan, maka Net Profit Margin(NPM) akan ikut meningkat. Akan tetapi ketika variabel Debt To Assets Ratio (DAR) meningkat, maka Net Profit Margin (NPM) akan mengalami penurunan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan 2010 - 2021 pada PT Alakasa Industrindo Tbk, Periode 2010 – 2021. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis deskriptif serta analisis asosiatif. Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 28.0 dan microsoft excel 2019 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Working Capital Turn Over (WCTO) tidak berpengaruh signifaikan terhadap variabel Net Profit Margin (NPM) dengan besaran koeefisien determinasi 6,2%. Secara parsial Debt To Assets Ratio (DAR) Tidak berpengaruh signifaikan terhadap variabel Net Profit Margin (NPM) dengan besaran koeefisien determinasi 22,1%. Kemudian secara simultan Working Capital Turn Over dan Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh yang signifikan terhadap variabel Net Profit Margin (NPM) dengan besaran koefisien determinasi 21,8%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Working Capital Turn Over (WCTO); Debt To Assets Ratio (DAR); Net Profit Margin (NPM).
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Auditing
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Indrawan Adiatno
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:16
Last Modified: 17 Mar 2023 02:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66152

Actions (login required)

View Item View Item