Tinjauan hukum pidana Islam terhadap kejahatan turut serta melakukan Zina dikalangan Militer : Analisis putusan NO. 190-K/PM II-09/AD/XII/2021

Ramdani, Ramdan (2023) Tinjauan hukum pidana Islam terhadap kejahatan turut serta melakukan Zina dikalangan Militer : Analisis putusan NO. 190-K/PM II-09/AD/XII/2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB) | Request a copy

Abstract

Tindak pidana perilaku zina sudah dianggap lazim dalam semua kalangan karena dianggap sebagai perilaku yang biasa karena di Indonesia tidak terlalu pekat masalah perzinahan karena merupakan delik aduan, dikalangan militer yang mempunyai disiplin tinggi sebagai abdi negara yang seharusnya memberikan contoh terbaik. Sudah diatur dengan jelas dalam KUHP pasal 284 tentang tindak perilaku zina. Tujuan penelitian: (1). Untuk mengetahui pertimbangan hukum Hakim dalam menjatuhkan sanksi dalam putusan No. 190-K/PM II-09/AD/XII/2021 bagi pelaku turut serta melakukan zina di Kalangan Militer. (2). Untuk mengetahui pandangan hukum pidana islam terhadap sanksi bagi pelaku turut serta melakukan zina di kalangan Militer. Adapun Metode Penelitian yang digunakan yaitu, Metode Penelitian Content Analisis dengan menggunakan pendekatan Normatif. Jenis data yang digunakan adalah data Kualitatif dengan sumber data primer Putusan Pengadilan Negeri Garut dan data sekunder yang berasal dari buku maupun sumber tertulis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Studi Pustaka (Library Research) dan analisis data yang bersifat Content Analisis. Hasil dari temuan hakim dalam putusan ini adalah Pidana pokok : Penjara selama 5 (lima) bulan. Menetapkan selama waktu Terdakwa berada dalam tahanan dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan. Pidana Tambahan : dipecat dari dinas militer, menurut Hukum Pidana Islam turut serta zina dikalangan militer yang diadili di pengadilan militer II-09 Bandung adalah tindak pidana yang diancam hukuman Had karena dapat diartikan sebagai perbuatan Zina. Maka dari itu, tindak pidana ini termasuk dalam kategori Zina Muhsan dimana pelaku sudah menikah dan diancam dengan hukuman dera seratus kali dan rajam sebagaimana yang jelaskan dalam Al-Qur’an dan Hadis, maka sudah jelas sanksi menurut Hukum Pidana Islam tentang putusan ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zina;Militer;Hukum Pidana Islam
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: S. H Ramdan ramdani ramdan
Date Deposited: 16 Mar 2023 09:09
Last Modified: 16 Mar 2023 09:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66155

Actions (login required)

View Item View Item