Persepsi wartawan mengenai penggunaan Clickbait pada judul berita di media Daring: Studi deskriptif pada wartawan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandung

Abidin, Jajang Jaenal (2023) Persepsi wartawan mengenai penggunaan Clickbait pada judul berita di media Daring: Studi deskriptif pada wartawan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai persepsi wartawan mengenai penggunaan clickbait pada judul berita di media daring yang dilakukan di AJI Bandung. Penelitian ini dimulai dengan keresahan peneliti dalam menemukan clickbait yang berlebihan di media daring. Maka dari itu, peneliti ingin mengetahui persepsi wartawan mengenai clickbait dan juga alasan penggunaan clickbait di media daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi wartawan AJI Bandung tentang penggunaan clickbait pada judul berita di media daring melalui tiga fokus penelitian. Tiga fokus penelitian ini meliputi proses atensi, seleksi, dan interpretasi wartawan yang tergabung dengan AJI Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada teori persepsi oleh Kenneth A dalam Mulyana (2007:181) yaitu atensi, seleksi dan interpretasi. Persepsi meliputi penginderaan melalui indra, atensi, dan interpretasi. Sensasi merujuk kepada pesan yang dikirimkan melalui otak lewat penglihatan, pendengaran, sentuhan, penciuman, dan pengecapan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data berupa wawancara langsung dengan wartawan AJI Bandung. Analisis data yang digunakan adalah dengan model Miles & Huberman yaitu dengan analisis reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa seluruh wartawan memperhatikan dan mengetahui clickbait, penggunaan clickbait merupakan upaya menarik pembaca namun tidak berlebihan seperti mengabaikan fakta dan masih dalam batas wajar dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung saja. Dalam membuat judul clickbait juga tetap menggunakan aturan seperti kriteria judul berita yang salah satunya judul harus relevan serta judul berita harus berkaitan dengan isi berita sehingga judul berita tidak melenceng dengan isi berita. Wartawan berpendapat bahwa penggunaan clickbait pada judul berita diperbolehkan namun tanpa mengabaikan kode etik dan tetap bersesuaian antara judul dan isi berita tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Wartawan; Clickbait; Media Daring
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Jajang Jaenal Abidin
Date Deposited: 16 Mar 2023 08:27
Last Modified: 16 Mar 2023 08:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66157

Actions (login required)

View Item View Item