Analisis foto jurnalistik dalam konten Citizen Journalism: Analisis Semiotika foto jurnalistik lingkup berita kriminal pada akun Instagram @infobandungraya

Adellia, Cindy (2023) Analisis foto jurnalistik dalam konten Citizen Journalism: Analisis Semiotika foto jurnalistik lingkup berita kriminal pada akun Instagram @infobandungraya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Foto jurnalistik terjadi secara alami tanpa adanya manipulasi foto, yang merupakan rekaman peristiwa nyata yang terdiri dari berbagai bahasa non-verbal. Foto adalah cara yang baik bagi kita untuk menyampaikan pesan karena dianggap “foto tidak bisa berbohong”. Foto criminal merupakan foto yang berisi segala bentuk perbuatan atau tindakan yang dilakukan oleh seseorang atau beberapa orang sekaligus, yang dimana perbuatan tersebut merupakan tindakan melanggar hukum pidana. Foto jurnalistik pada akun Instagram @infobandungraya menjadi hal yang menarik bagi peneliti, khususnya di foto jurnalistik lingkup berita criminal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna denotatif, konotatif, dan mitologis foto jurnalistik dalam konteks pemberitaan kriminal di akun Instagram @infobandungraya. Peneliti menggunakan analisis semiotika Roland Barthes karena Barthes mengembangkan suatu metode untuk menganalisis foto yang digunakan oleh peneliti sebagai objek penelitian, sehingga peneliti menginterpretasikan makna konotasi, denotasi dan mitos dalam foto jurnalistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, yang merekonstruksi makna yang terkandung dalam sebuah tanda dalam makna denotasi, makna konotasi dan makna mitos. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa ruang lingkup foto jurnalistik berita kriminalitas seluruh akun Instagram @infobandungraya meliputi ekspresi, konotasi, dan mitologi yang beroperasi di dalamnya. Pertama, pentingnya denotasi dalam foto jurnalistik ini dapat dilihat dari objek yang diekspos, dan foto jurnalistik dan aksi dari tanda-tanda yang muncul dalam foto penelitian, sehingga memiliki makna tertentu. Karakter yang terkandung dalam gambar penelitian semuanya mengandung makna pengenal karena mereka benar-benar mirip dengan apa adanya tanpa efek khusus dan pengeditan berlebihan untuk membuat gambar penelitian terlihat alami. Kedua, makna konotatif diperoleh dalam penelitian ini melalui analisis foto jurnalistik menggunakan enam metode untuk mendapatkan analisis yang relevan. Setelah enam prosedur tersebut, hasilnya setiap foto jurnalistik berita kriminal tertangani dengan baik oleh akun Instagram @infobandungraya ini. Ketiga, mitos-mitos yang bekerja pada tanda-tanda foto dalam penelitian ini dapat dibaca langsung dari objek atau isi gambar dan perluasan makna dalam makna konotatif dapat dikenali sehingga menjadi mitos. Mitos-mitos yang terkandung dalam gambar jurnalistik yang diliput sebagian besar berita kriminalitas di akun Instagram @infobandungraya menunjukkan bagaimana polisi menangani semua kasus kriminalitas di Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: foto jurnalistik; instagram; media sosial
Subjects: Indonesia
Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Cindy Adellia
Date Deposited: 16 Mar 2023 09:13
Last Modified: 16 Mar 2023 09:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66159

Actions (login required)

View Item View Item