Media sosial dan seks komersial : Studi penggunaan MiChat oleh remaja Kelurahan Jatibening Kota Bekasi untuk pemesanan layanan pekerja seks komersial

Praditya, Yogi (2023) Media sosial dan seks komersial : Studi penggunaan MiChat oleh remaja Kelurahan Jatibening Kota Bekasi untuk pemesanan layanan pekerja seks komersial. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_Cover(1).pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_Abstrak(1).pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar isi)
3_Daftar Isi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 2)
4_Bab 1(1).pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar pustaka)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas media sosial dan seks komersial dengan fokus analisis pada penggunaan MiChat oleh remaja kelurahan Jatibening kota Bekasi untuk pemesanan layanan pekerja seks komersial. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana remaja menggunakan media sosial MiChat sesuai dengan kebutuhan dan kegunaan untuk memesan pekerja seks komersial. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah Uses and Gratifications dari Elihu Katz, Jay G. Blummer dan Michael Gurevitch. Dalam teori ini dijelaskan bahwa permasalahan utama bukan pada bagaimana cara media mengubah sikap dan perilaku khalayak tetapi lebih kepada bagaimana media memenuhi kebutuhan pribadi sosial khalayak dan seberapa media dapat memenuhi kebutuhan pribadi. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer yaitu remaja Jatibening pekerja seks komersial Jatibening yang memakai MiChat, dan sumber data sekunder diperoleh dari beberapa literatur atau sumber yang berkaitan dengan kajian penelitian ini. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi dan wawancara. Analisis datanya menggunakan metode analisis naratif dengan tahapan analisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi media sosial MiChat memberikan kemudahan kepada remaja Jatibening untuk memesan pekerja seksual sesuai dengan kebutuhan dan kegunaan yang mereka inginkan.. Ada dua faktor yang membuat remaja tertarik menggunakan aplikasi MiChat, yaitu faktor pendorong berupa hawa nafsu, uang dan kurang percaya diri; dan faktor penarik berupa fakta bahwa pekerja seks komersial memiliki tubuh ideal, wangi, dan paras yang putih. Penggunaan media sosial MiChat membawa dampak negatif bagi remaja dan pekerja seks komersial yakni dampak psikologis, dampak sosial, dampak biologis, dampak ekonomi dan dampak kesehatan yang sewaktu-waktu cepat atau lambat akan dirasakan oleh remaja dan pekerja seks komersial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial; MiChat; Pekerja Seks Komersial; Remaja
Subjects: Humankind
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Yogi Praditya
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:15
Last Modified: 17 Mar 2023 01:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66213

Actions (login required)

View Item View Item