Efektivitas komunikasi politik Pemerintah Daerah dalam program Vaksinasi Covid 19 Tahun 2021 : Studi kasus masyarakat Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang

Sopiyanti, Nur Amaliah (2023) Efektivitas komunikasi politik Pemerintah Daerah dalam program Vaksinasi Covid 19 Tahun 2021 : Studi kasus masyarakat Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (662kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di kalangan masyarakat yang mempunyai presepsi yang berbeda mengenai vaksinasi dalam hal ini ada yang menerima dan ada yang menolak. Dari latar belakang ini kemudian peneliti ingin melihat bagaimana ke efektivitasan komunikasi politik yang dilakukan pemerintah daerah dalam program vaksinasi Covid 19 tahun 2021 di kalangan masyarakat kecamatan kasomalang sehingga dapat mencapai sasaran yang diinginkan. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa informan di dapatkan informasi bahwa kelompok sasaran yang mengikuti vaksinasi di kecamatan kasomalang berdasarkan data yang didapatkan sudah hampir mencapai target untuk dosis 1 dengan 67,2% dari 70% target dan 56,4% dari 70% untuk dosis dua. Adapun yang menjadi rumusan masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah sudah efektif komunikasi politik yang dilakukan pemerintah daerah dalam program vaksinasi ini, berdasarkan pemerintah membuat strategi yang matang dalam proses komunikasi politik yang dilakukan sehingga dengan ke efektivitas komunikasi politik yang dilakukan dapat tercapainya tujuan daripada program vaksin ini. teori dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori efektivitas dan juga komunikasi politik. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data dengan studi kasus terkait yang menggunakan kajian pustaka serta menggunakan penjabaran yang bersifat deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi politik dalam program vaksinasi dari pemerintah Kecamatan Kasomalang kepada masayarakat. Dalam situasi saat ini peran komunikasi politik sangat penting untuk tercapainya target vaksinasi yang sudah ditentukan pemerintah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan vaksinasi Covid-19 di kecematan Kasomalang, kabupaten Subang berdasarkan data yang didapatkan berjalan dengan efektif, disebabkan oleh matangnya strategi komunikasi politik yang dilakukan pemerintah daerah, terutama mengenai strategi sosialisasi dan edukasi yang dilakukan oleh tim Covid 19 kecamatan kasomalang dapat terbukti dengan cakupan data yang mengikuti vaksinasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Politik; Covid 19; Kecamatan Kasomalang.
Subjects: Political dan Government Science
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Nur Amaliah Sopiyanti
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:11
Last Modified: 17 Mar 2023 02:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66214

Actions (login required)

View Item View Item