Manajemen Pengembangan Profesionalisme Tenaga Pendidik : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Terpadu Babussalam Kabupaten Tasikmalaya

Rahmanda, Yudi (2016) Manajemen Pengembangan Profesionalisme Tenaga Pendidik : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Terpadu Babussalam Kabupaten Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_KATA PENGANTAR DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Yudi Rahmanda : Manajemen Pengembangan Profesionalisme Tenaga Pendidik(Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Terpadu Babussalam Kabupaten Tasikmalaya) Guru merupakan suatu pekerjaan profesional, yang memerlukan suatu keahlian khusus,Guru memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam kegiatan pembelajaran, yang akan menentukan mutu pendidikan khususnya di jenjang Sekolah Menengah Pertama, akan tetapi pengembangan kompetensi profesional guru di Sekolah Menengah Pertama Terpadu Babussalam Kabupaten Tasikmalaya perlu adanya pengembangan dalam penataan, sertifikasi, melanjutkan S2, mengikuti seminar danMGMP. Tujuan penelitian ini untuk: 1) mengetahui Manajemen Perencanaan Pengembangan Profesionalisme Tenaga Pendidik SMP Terpadu Babussalam; 2) mengetahui Manajemen Pelaksanaan Pengembangan Profesionalisme Tenaga Pendidik SMP Terpadu Babussalam; 3) mengetahui Evaluasi Pengembangan Profesionalisme Tenaga Pendidik SMP Terpadu Babussalam; 4) mengetahui hasil yang dicapai dalam manajemen pengembangan professionalism guru; 5) mengetahui Faktor penunjang dan Faktor penghambat di smp Terpadu Babussalam. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pentingnya manajemen pengembangan profesionalisme tenaga pendidik. karena jika pendidikan tanpa adanya pengembangan profesi tenaga pendidik maka lembaga tersebut tidak akan berjalan maksimal sesuai dengan yang diharapkan. karena Pengembangan profesi tenaga pendidik merupakan bagian penting untuk mencapai tujuan.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kulaitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dengan cara penafsiran deskiptif semata-mata dan uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, analisis kecakupan negatif, kecakupan refleksi, uraian rinci dan auditing. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa SMP Terpadu Babussalam Kabupaten Tasikmalaya adalah salah satu lembaga pendidikan yang terletak di Ds. Calingcing Kp. Calingcing kidul Kec. Sukahening Kab. Tasikmalaya.mendukung pengembangan keprofesionalan berkelanjutan dengan;1) Perencanaan Program pemberdayaan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), Program peningkatan Kualifikasi Pendidikan Guru,Program Sertifikasi Pendidik,Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan; 2) pelaksanaan Program pemberdayaan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), Program peningkatan Kualifikasi Pendidikan Guru, Program Sertifikasi Pendidik, Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Evaluasi dari pelaksanaan tersebut; 1) Supervisi Tenaga Pendidik; 2) penilaian kinerja tenaga pendidik sumatif. Dalam pelaksanaan dan perencaaan tidak terlepas dari faktor penunjang dan faktor penghambat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Profesionalisme; Tenaga Pendidik
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yudi Rahmanda
Date Deposited: 08 Mar 2018 08:20
Last Modified: 08 Mar 2018 08:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6622

Actions (login required)

View Item View Item