Efektivitas pemberitaan Channel YouTube Jurnalpos TV : Studi deskriptif pada pemberitaan Channel YouTube Jurnalpos TV sebagai penyebaran informasi

Mardiansyah, Aqil (2023) Efektivitas pemberitaan Channel YouTube Jurnalpos TV : Studi deskriptif pada pemberitaan Channel YouTube Jurnalpos TV sebagai penyebaran informasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daptarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy

Abstract

Di era modern ini perkembangan media melaju sangat cepat terlebih pada media elektronik dan online karena memiliki sifat mobile, jadi dapat memudahkan masyarakat dalam mencari informasi. Dengan adanya channel YouTube media dapat menyajikan informasi berupa visual dan audio yang dapat mempermudah masyarakat dalam menyerap informasi. Efektif tidaknya suatu media dalam menyampaikan informasi dapat dilihat dari tujuan, integrasi dan adaptasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pemberitaan Channel YouTube Jurnalpos TV sebagai media penyebaran informasi berdasarkan pencapaian tujuannya, bagaimana efektivitas pemberitaan Channel YouTube Jurnalpos TV sebagai media penyebaran informasi berdasarkan integrasinya, bagaimana efektivitas pemberitaan Channel YouTube Jurnalpos TV sebagai media penyebaran informasi berdasarkan adaptasinya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas yang dikemukakan oleh Duncan. Teori ini digunakan peneliti sebagai dasar analisis penelitian. Dalam teorinya Dunca menyebutkan untuk mengetahui atau mengukur efektif tidaknya suatu media dapat diketahui dengan 3 aspek, yakni Pencapaian Tujuan, Integrasi dan Adaptasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian studi deskriptif kualitatif, dimana metode ini digunakan untuk menemukan pengetahuan terhadap subjek penelitian, kemudian data dianalisis dan hasilnya dideskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya dan tidak bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum. Hasil dari penelitian, yaitu pertama, efektivitas pemberitaan Channel YouTube Jurnalpos TV sebagai media penyebaran informasi berdasarkan pencapaian tujuannya sudah efektif. Hal ini dapat dilihat dari tahapan-tahapan pencapaian tujuan tersebut yang sudah dijalankan dengan baik sesuai dengan visi dan misi dari Jurnalpos TV. Kedua, efektivitas pemberitaan Channel YouTube Jurnalpos TV sebagai media penyebaran informasi berdasarkan integritasnya Jurnalpos TV tidak terlalu gencar menyebarluaskan beritanya. Hal ini dikarenakan Jurnalpos TV tidak memiliki sumber daya manusia yang mumpuni, belum paham terkait branding media dan tidak adanya komunikasi dua arah antara Jurnalpos TV dan penonton. Ketiga, efektivitas pemberitaan Channel YouTube Jurnalpos TV sebagai media penyebaran informasi berdasarkan adaptasinya dinilai masih tidak efektif. Hal ini dikarenakan minimnya dana yang dimiliki oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) sehingga tidak bisa melengkapi sarana dan prasarana serta pengembangan skill yang lebih mutakhir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas; berita; YouTube; Media Kampus.
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Aqil Mardiansyah
Date Deposited: 17 Mar 2023 07:17
Last Modified: 17 Mar 2023 07:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66234

Actions (login required)

View Item View Item