Strategi Inspektorat Jenderal Kementerian Agama mencegah Radikalisme : Studi deskriptif berita gerakan Moderasi Beragama di Website berita Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Edisi Januari – April 2022

Nandayu, Citra Brilian (2023) Strategi Inspektorat Jenderal Kementerian Agama mencegah Radikalisme : Studi deskriptif berita gerakan Moderasi Beragama di Website berita Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Edisi Januari – April 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover .pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy

Abstract

Dalam mengelola pemberitaan pada suatu media diperlukan penerapan fungsi manajemen. Sejalan dengan hal tersebut, pemberitaan berkaitan dengan moderasi beragama yang tersaji di laman berita website Itjen Kemenag juga perlu menerapkan fungsi manajemen yang baik. Hal ini dilakukan agar maksud dari pemberitaan tersebut dapat tercapai dan tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana strategi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang diterapkan pengelola media Itjen Kemenag dalam mengelola pemberitaan seputar moderasi beragama di website beritanya. Dalam mengkaji aspek-aspek sebagaimana pada tujuan penelitian di atas, penulis menggunakan teori manajemen POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Kemudian, informasi yang didapatkan melalui beberapa teknik pengumpulan data dideskripsikan secara sistematis sesuai fakta dan data yang ditemukan. penelitian ini mencoba melihat bagaimana fleksibiltas perencanaan yang dilakukan oleh Itjen Kemenag dalam struktur kerangka POAC. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yakni observasi, wawancara, dan dokumen terkait dengan bahasan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi perencanaan pengelola media Itjen Kemenag terdiri dari rapat tahunan, rapat triwulan, dan rapat koordinasi incidental. Strategi pengorganisasian terdiri dari penentuan pengelola media, pembagian kerja, dan pengembangan kapasitas pengelola. Strategi pelaksanaan terdiri dari tiga bentuk kegiatan, yakni proses pengumpulan informasi, pengolahan informasi, dan penyebaran informasi. Strategi pengawasan terdiri dari dua bentuk kegiatan, yakni pemfilteran bertahap dan pelaksanaan rapat evaluasi. Meski demikian ditemukan aspek-aspek tersebut, dalam mengelola pemberitaan seputar gerakan moderasi beragama masih kurang efektif dijalankan. Sehingga, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa tidak ada strategi khusus yang diterapkan oleh Itjen Kemenag untuk memberitakan seputar moderasi beragama untuk mencegah radikalisme. Hal ini berkaitan dengan posisi mereka yang dari segi pemberitaannya hanya sebagai supporting media untuk memberitakan program-program prioritas Kemenag, seperti membantu menguatkan isu-isu moderasi beragama melalui berita yang diproduksinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Berita Moderasi Beragama; Inspektorat Jenderal Kementerian Agama
Subjects: Communications Telemunications > Wireless Communications
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Citra Brilian Nandayu
Date Deposited: 20 Mar 2023 04:45
Last Modified: 20 Mar 2023 04:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66243

Actions (login required)

View Item View Item