Pengembangan e-LKPD berbasis TPACK untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor

Fahrian, Demas Nur (2023) Pengembangan e-LKPD berbasis TPACK untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi TPACK Calon Guru Fisika berdasarkan instrumen CoRe dan PaP-eRs, kelayakan e-LKPD, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-LKPD dan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Populasi penelitian ini adalah peserta didik XI IPA 1 dengan sampel yang berjumlah 24 peserta didik. instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi CoRe, lembar validasi PaP-eRs, lembar validasi media, e-LKPD dengan penilaian AABTLT with SAS dan tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis yang digunakan adalah perhitungan skor pada lembar validasi, N-Gain, uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi TPACK calon guru berada dalam kategori Maturing TPACK dengan rata-rata nilai CoRe yang diperoleh yaitu 77,5. Sedangkan persentase lembar PaP-eRs, calon guru memperoleh nilai rata-rata sebesar 83 dengan kategori baik. Kelayakan e-LKPD memperoleh persentase rata-rata sebesar 87,8% dengan kategori sangat layak. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-LKPD diperoleh rata-rata persentase sebesar 83,5% dengan kategori efektif. Kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor mengalami peningkatan berdasarkan skor rata-rata N-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Nilai tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah belajar menggunakan e-LKPD pada materi suhu dan kalor di kelas XI IPA 1.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD; TPACK; Kemampuan Berpikir Kritis; Suhu dan Kalor;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Demas Nur Fahrian
Date Deposited: 20 Mar 2023 08:04
Last Modified: 20 Mar 2023 08:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66255

Actions (login required)

View Item View Item