Objektivitas berita insiden Stadion Kanjuruhan Malang 2022 di media daring: Analisis isi penerapan berita insiden Stadion Kanjuruhan Malang 2022 pada Situs Bolanusantara.com periode Oktober 2022

Maulidani, Ari (2023) Objektivitas berita insiden Stadion Kanjuruhan Malang 2022 di media daring: Analisis isi penerapan berita insiden Stadion Kanjuruhan Malang 2022 pada Situs Bolanusantara.com periode Oktober 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy

Abstract

Sebagian besar media massa khusunya di Indonesia telah dikuasai oleh individuindividu yang memiliki kepentingan politik dan ekonomi. Fenomena tersebut membuat nilai objektivitas pemberitaan banyak dipertanyakan oleh khalayak. Pemberitaan yang objektif sangat dibutuhkan guna mencapai kredibilitas. Salah satu pemberitaan yang berhasil menyedot banyak perhatian khalayak pada tahun 2022 adalah berita mengenai Insiden Stadion Kanjuruhan Malang. Media Bolanusantara.com merupakan sebuah media daring yang berfokus pada penyajian berita sepak bola secara cepat dan terpercaya.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bagaimana aplikasi objektivitas pemberitaan mengenai Insiden Stadion Kanjuruhan Malang di media daring Bolanusantara.com, berdasarkan konsep objektivitas, yakni faktualitas yang terdiri dari kebenaran dan relevansi. Serta, impartialitas yang terdiri dari keseimbangan dan netralitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Kemudian, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi naskah pemberitaan terkait insiden Stadion Kanjuruhan Malang 2022.Hasil penelitian menunjukkan, 1) Media daring Bolanusantara.com cukup memperhatikan unsur kebenaran dilihat dari kefaktualan berita dengan menyajikan informasi secara benar. Unsur 5W+1H belum secara maksimal ditampilkan dalam pemberitaan, artinya media Bolanusantara.com belum memenuhi kriteria pengukuran kategori kelengkapan berita; 2) Media daring Bolanusantara.com memperhatikan dengan baik unsur relevansi, dilihat dari hubungan judul dan isi berita yang selaras, artinya pemberitaan tidak mengarah pada umpan klik (clickbait); 3) Media Daring Bolanusantara.com belum memenuhi kriteria keseimbangan (cover both sides), artinya beberapa berita didominasi oleh satu sisi (one side cover) yang bersumber dari satu pihak saja tanpa menyajikan narasumber dari sudut pandang yang berbeda; 4) Media daring Bolanusantara.com dinilai sudah maksimal dalam mengaplikasikan unsur netralitas dilihat dari tidak adanya opini atau penilaian pribadi dari wartawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Objektivitas; Media Daring; Berita; Insiden Stadion Kanjuruhan Malang.
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ari Maulidani
Date Deposited: 20 Mar 2023 01:31
Last Modified: 20 Mar 2023 08:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66256

Actions (login required)

View Item View Item