Peran sikap husnudzon terhadap kemampuan memaafkan pada siswa korban bullying: Studi deskriptif di SMP Ciledug Al-Musadaddiyah,Garut

Chintani, Eneng (2023) Peran sikap husnudzon terhadap kemampuan memaafkan pada siswa korban bullying: Studi deskriptif di SMP Ciledug Al-Musadaddiyah,Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Pada era globalisasi banyak segi dan lini kehidupan manusia yang secara drastis berubah dengan cepatnya, salah satunya ialah aspek pendidikan. Dewasa ini banyak terjadi kasus-kasus penyimpangan antara guru dan siswa seperti konflik siswa, pemukulan guru, keberadaan dan penghinaan sistem senioritas. Hal tersebut dikategorikan sebagai bullying. Salah satu tempat yang paling banyak terjadinya aksi bullying adalah sekolah. Salah satu dampak yang terjadi akibat aksi bullying yaitu menimbulkan kerenggangan antar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sikap husnudzon dapat dijadikan sebagai upaya untuk memaafkan serta menjaga relasi dan keharmonisan antar sesama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk bullying yang dialami para korban, mengetahui tahapan memaafkan serta mengetahui peran sikap husnudzon terhadap kemampuan memaafkan pada siswa korban bullying di SMP Ciledug Al-Musadaddiyah, Garut. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Dalam proses penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan melakukan dokumentasi terkait dengan kebutuhan penelitian. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu siswa SMP Ciledug Al-Musadaddiyah, Garut dengan lima siswa yang dijadikan sampel penelitian. Lima siswa tersebut terdiri dari dua siswa kelas VII, dua siswa kelas VIII, dan satu siswa kelas IX. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data versi Miles dan Huberman. Analisis data menurut Miles dan Huberman dibagi dalam tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bullying di SMP Ciledug Al- Musadaddiyah, Garut yaitu berupa bullying verbal, bullying fisik, dan cyberbullying. Kemudian tahapan memaafkan siswa korban bullying di SMP Ciledug Al-Musadaddiyah, Garut sangat bervariatif. Lalu peran sikap husnudzon terhadap kemampuan memaafkan pada siswa korban bullying di SMP Ciledug Al- Musadaddiyah, Garut memberikan dampak yang positif dan membuktikan bahwa sikap husnudzon direkomendasikan dalam kemampuan memaafkan pada siswa korban bullying. Selain itu sikap husnudzon juga dapat menyadarkan siswa bahwa segala rintangan dan cobaan yang diterimanya merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada hamba-Nya, sehingga siswa menjadi lebih mampu dalam pengendalian diri ke arah yang positif. Dengan peranan sikap husnudzon, siswa dapat memaafkan kesalahan orang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Husnudzon; Memaafkan; Bullying;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Islam Umum > Muslim, Orang Islam, Imam
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Eneng Chintani
Date Deposited: 20 Mar 2023 01:43
Last Modified: 20 Mar 2023 01:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66301

Actions (login required)

View Item View Item