Tanggapan siswa terhadap metode penugasan dalam pembelajaran daring hubungannya dengan hasil belajar Kognitif mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada siswa kelas XI SMA Plus Damar Bangsa Kabupaten Sukabumi

Umami, Resa (2023) Tanggapan siswa terhadap metode penugasan dalam pembelajaran daring hubungannya dengan hasil belajar Kognitif mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada siswa kelas XI SMA Plus Damar Bangsa Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan fenomena yang muncul di SMA Plus Damar Bangsa dalam mata pelajaran PAI tepatnya di kelas XI 1, pada saat melaksanakan pembelajran daring menggunakan metode penugasan untuk dapat mengembangkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik dalam menggali materi pelajaran. Namun di sisi lain, tidak sedikit ditemukan siswa yang mengeluhkan metode penugasan ini sehingga belum sepenuhnya menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap terhadap motode penugasan dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran 2) Realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI 3) Realitas tanggapan siswa terhadap metode penugasan hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI kelas XI SMA Plus Damar Bangsa. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa metode penugasan dalam pembelajaran dapat merangsang siswa untuk melakukan latihan dan mangulang materi pelajaran yang sudah dipelajarinya. Dengan adanya metode tersebut dapat berupaya meningkatkan hasil belajar siswa pada masa pembelajaran daring. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap metode penugasan dalam pembelajaran daring dengan hasil belajar kognitif mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, angket, dan wawancara. Dan dalam penelitian ini analisis datanya yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap metode penugasan dalam pembelajaran daring berkategori cukup, berdasarkan hasil rata-rata sebesar 3.49 yang berada pada interval 2.5-3.5. 2) Realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI berkategori cukup, berdasarkan nilai rata-rata sebesar 68.96 yang berada pada interval 60-69. 3) Realitas tanggapan siswa terhadap metode penugasan dalam pembelajaran daring hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa termasuk kategori cukup karena berada pada interval 0.40-0.70. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa t hitung= 2.93 > t tabel 2.04 maka H0 Ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan diterima yaitu terdapat hubungan antara metode penugasan dalam pembelajaran daring dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMA Plus Damar Bangsa Kab. Sukabumi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan Siswa; Metode Penugasan; Pembelajaran Daring; Hasil Belajar Kognitif; Mata Pelajaran PAI
Subjects: Education
Depositing User: resa umami z
Date Deposited: 20 Mar 2023 05:01
Last Modified: 20 Mar 2023 05:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66313

Actions (login required)

View Item View Item