Hierarki pengaruh dalam penentuan berita pada Pers mahasiswa : Studi deskriptif mengenai kebijakan redaksi pada Rubrik Kampusiana suakaonline.com UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Rakhmi, Bestari Saniya (2023) Hierarki pengaruh dalam penentuan berita pada Pers mahasiswa : Studi deskriptif mengenai kebijakan redaksi pada Rubrik Kampusiana suakaonline.com UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (788kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan redaksi merupakan sebuah pedoman bagi media dalam menerbitkan sebuah berita. Penelitian mengenai kebijakan redaksi pers mahasiswa menjadi hal penting, karena dalam pembuatan kebijakan tersebut pers mahasiswa selayaknya mengedepankan fungsi pers dan menaati regulasi yang ada. Penelitian ini akan mengkaji kebijakan redaksi dengan menggunakan teori hierarki pengaruh penentuan berita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebijakan redaksi Lembaga Pers Mahasiswa LPM Suaka dalam menentukan isu untuk rubrik kampusiana, dengan menggunakan teori hirarki pengaruh penentuan isi berita dari Pamela J Shoemaker dan Stephen D Reese. Ada 5 level yang harus dikaji yakni level individu, rutinitas media, organisasi, ekstra media dan ideologi dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, observasi serta wawancara mendalam kepada enam informan yang merupakan jajaran redaksi juga pimpinan LPM Suaka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus untuk mengungkap secara mendalam masalah yang diteliti. Untuk itu penelitian ini dilakukan melalui proses yang panjang dan mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa teori hierarki pengaruh penentuan isi berita pada pemberitaan rubrik kampusiana LPM Suaka berdasarkan 5 level yang dikaji yakni level individu, rutinitas media, organisasi, ekstra media dan ideologi. Level individu menjadi level yang paling berpengaruh dengan indikator pengalaman yang berbeda-beda dari tiap individu termasuk latar belakang pendidikan, status sosial, orientasi seksual, gender, etnis yang membuat output tulisan menjadi berbeda. Dari penelitian ini diharapkan praktisi media dapat menonjolkan independensi media agar idealisme pers tetap terjaga. Lebih dari pada itu, diharapkan untuk penelitian selanjutnya membahas hierarki pengaruh penentuan isi berita dalam aspek pertimbangan lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hierarki Pengaruh; Kebijakan Redaksi;LPM Suaka
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Bestari Saniya Rakhmi
Date Deposited: 20 Mar 2023 04:42
Last Modified: 20 Mar 2023 08:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66327

Actions (login required)

View Item View Item