Penerpan prinsip jurnalistik Bill Kovach pada masa komunitas : Studi deskriptif pada media Online Urbancikarang Bekasi Jawa Barat

Putri, Devy Indriyna (2023) Penerpan prinsip jurnalistik Bill Kovach pada masa komunitas : Studi deskriptif pada media Online Urbancikarang Bekasi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi guna melihat penerapan prinsip jurnalistik dalam sebuah media komunitas. Munculnya cyber community mendorong sebuah ruang kehidupan baru yang sangat prospektif bagi aktifitas manusia yang nilai efisiensinya sangat tinggi dalam menyampaikan informasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui langkah media Urbancikarang menerapkan sembilan elemen jurnalisme yaitu tunduk pada kebenaran, setia pada warga, disiplin verifikasi, independensi, pemantau kekuasaan, menyediakan forum kritik dan komentar bagi publik, membuat hal penting menjadi menarik dan relevan, menjadikan berita komprehensif dan proporsional dan bertindak atas hati nurani yang menjadi sebuah media komunitas. Penelitian ini menggunakan teori sembilan elemen jurnalistik Bill Kovach dan Tom Rosenstiel. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomologi yang bermaksud untuk memahami fenomena suatu hal yang dialami subjek penelitian, Paradigma yang dipergunakan ialah konstruktivisme, yakni asumsinya tidak ada realitas ataupun kebenaran secara tunggal. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, studi kepustakaan dan observasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media komunitas Urbancikarang telah menerapkan sembilan elemen Jurnalistik Bill Kovach dan Tom Rosenstiel. Terlihat dengan mengedapankan kebenaran informasi dengan tidak memojokkan salah satu pihak, loyalitas dengan memberikan informasi yang relevan, melakukan penyuntingan berita dan verifikasi sebelum disebarluaskan, independent dengan tidak memihak narasumber, sebagai penyambung lidah antara masyarakat dan pemantau kekuasaan, menyediakan forum diskusi online sebagai sarana publik, mengembangkan berita yang dibutuhkan serta disenangi khalayak, menyebarkan berita komprehensif dengan membuat berita yang akurat dan sesuai proporsionalnya, melibatkan hati Nurani jurnalis dalam mencari dan menulis berita.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Jurnalistik; Media Komunitas; Media Online;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Inductions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Devy Indriyana Putri
Date Deposited: 21 Mar 2023 00:39
Last Modified: 21 Mar 2023 00:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66372

Actions (login required)

View Item View Item