Dampak pembangunan Waduk Jatigede dalam perubahan sosial ekonomi masyarakat : Penelitian di Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja

Pangesti, Syifa Fauzia (2023) Dampak pembangunan Waduk Jatigede dalam perubahan sosial ekonomi masyarakat : Penelitian di Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy

Abstract

Waduk Jatigede adalah sebuah proyek pembangunan waduk yang bertujuan untuk meningkatkan produksi energi listrik dan mendukung kebutuhan air irigasi di wilayah sekitarnya. Pembangunan waduk ini telah memberikan dampak yang signifikan terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembangunan waduk jatigede dalam perubahan sosial ekonomi masyarakat di Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja. Pembangunan Waduk Jatigede memiliki dampak antara lain dampak sosial dan ekonomi. Dampak sosial terjadi karena keinginan manusia untuk menyesuaikan diri dengan keadaan sekelilingnya ataupun disebabkan oleh ekologi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teorinya Karl Marx yaitu teori determinisme ekonomi yang menjelaskan bahwa struktur objektif masyarakat terdiri dari dua lapisan struktur, yaitu suprastruktur dan infrastruktur. Infrastruktur merupakan sebuah bangunan struktur yang dominan dan mampu untuk melahirkan perubahan terhadap suprastruktur itu sendiri. Struktur objektif masyarakat terdiri dari dua struktur yang saling memberikan efek antar keduanya yaitu infrastruktur sebagai struktur dominan yang mampu memberikan efek perubahan secara langsung dan suprastruktur sebagai struktur yang dideterminasi oleh infrastruktur. Secara implisit suprastruktur adalah hal yang melekat dengan masyarakat seperti mata pencaharian, agama, perilaku, dan budaya. Metode penelitian yang dilakukan peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dari kepala Desa Tarunajaya, jajarannya, dan beberapa warga sekitar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, pembangunan Waduk Jatigede yang ada di Desa Tarunajaya ternyata memakan waktu yang cukup lama hingga berpuluh-puluh tahun sampai sekarang dan melalui proses yang cukup rumit. Kedua, perubahan sosial ekonomi yang terjadi di Desa Tarunajaya banyak masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya, dan beralih menjadi pedagang, pekerja jasa dan ada juga yang memancing ikan tawar di Waduk Jatigede tersebut serta itu semua merupakan pekerjaan baru dan beragam. Ketiga, dampak yang diakibatkan pembangunan Waduk Jatigede terhadap perubahan sosial ekonomi yang ada di Desa Tarunajaya yang dirasakan antara lain: akses jalan jadi tidak lancar, dan masyarakat yang jadi responsive.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi; Masyarakat; Pembangunan; Perubahan Sosial
Subjects: Social Process > Social Change
Social Groups
Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Syifa Fauzia Pangesti
Date Deposited: 21 Mar 2023 07:45
Last Modified: 21 Mar 2023 07:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66394

Actions (login required)

View Item View Item