Listrik statis dan aplikasi pada makhluk hidup

Handayani, Wahyuni and Agustina, Tri Wahyu (2022) Listrik statis dan aplikasi pada makhluk hidup. [Teaching Resource] (Submitted)

[img]
Preview
Text (Full Text)
ISBN Buku Dummy Listrik Statis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Next Generation Science Strandards (NGSS) mengemukakan bahwa salah satu tujuan utama pendidikan sains adalah mempersiapkan siswa untuk mensintesis dan mengevaluasi ekplanasi ilmiah (Council, 2012). Eksplanasi sains memainkan peran sentral pada diri seseorang dalam pencarian untuk mengetahui dan memahami dunia, dan untuk mempelajari, memahami, dan mengomunikasikan fenomena ilmiah (Zacharia 2004). Meskipun terlibat dalam eksplanasi sains merupakan tujuan pembelajaran yang penting bagi siswa, siswa sering mengalami kesulitan mengartikulasikan dan mempertahankan pengetahuan mereka (Sadler, 2004). Bahkan dalam sebuah pembelajaran di kelas dimana eksplanasi sains menjadi tujuan eksplisit, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan. Kondisi tersebut menuntut kemampuan guru dalam memberikan ekplanasi sains kepada siswa. Guru seyogyanya memberikan aktivitas yang dapat menstimulus integrasi pengetahuan guna menjelaskan fenomena sains dan menyelesaikan permasalahan kehidupan kepada siswa. Hal tersebut bertujuan supaya siswa dapat memahami berbagai teori dengan bukti-bukti yang nyata (Braaten & Windschitl, 2011; Tang, 2015; Firman, 2017; Rahayu, 2017; Aldresti dkk, 2018). Pembelajaran IPA dapat bersifat integrated curriculum misalnya pada kurikulum 2013 (Lotadiningrat, 2019). Integrated curriculum yang menempatkan pendekatan lintas interdisipliner dengan memadukan berbagai disiplin utama baik konsep, keterampilan atau sikap (Fogarty, 1991). Hasil penelitian Rosita dkk (2022) menunjukkan konten kelistrikan pada siswa SMP merupakan salah satu konten yang dianggap sulit dan membosankan. Kompetensi Dasar pada kurikulum 2013 terutama pada konsep listrik statis dapat mencakup pembahasan bidang fisika dan mahluk hidup pada bidang Biologi. Kelistrikan pada mahluk hidup mencakup manusia dan hewan (Lotadiningrat, 2019; Tanggela, 2020). Hal tersebut menunjukkan integrasi pada bidang ilmu fisika dan Biologi (Agustina dkk, 2021). Konten listrik statis dan fenomena kelistrikan pada mahluk hidup dapat dibangun eksplanasi ilmiah pada mahasiswa calon guru IPA (Agustina dkk, 2021). Dengan demikian, panduan ini hadir sebagai upaya untuk membangun eksplanasi ilmiah dengan mengintegrasikan bidang Fisika dan Biologi pada materi pokok Listrik Statis.

Item Type: Teaching Resource
Uncontrolled Keywords: Listrik Statis; Aplikasi; Makhluk Hidup
Subjects: Biology
Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: Tri Wahyu Agustina
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:00
Last Modified: 21 Mar 2023 03:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66397

Actions (login required)

View Item View Item