Pola komunikasi antarpribadi orang tua dengan anak dalam meningkatkan sumber daya manusia di Kota Bandung : Penelitian di Kelurahan Kebonwaru Kecamatan Batununggal Kota Bandung

Hadiati, Hasna Rahmah (2023) Pola komunikasi antarpribadi orang tua dengan anak dalam meningkatkan sumber daya manusia di Kota Bandung : Penelitian di Kelurahan Kebonwaru Kecamatan Batununggal Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pola komunikasi yang dijalankan antarpribadi dalam keluarga, khususnya antar pribadi orang tua dan anak, memiliki dampak yang besar terhadap peningkatan sumber daya manusia. Penelitian juga terjadi di keluarga- keluarga masyarakat di Kelurahan Kebonwaru Kecamatan Batununggal Kota Bandung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sikap keterbukaan, sikap mendukung, dan sikap kesetaraan antara pola komunikasi antar pribadi yang dilakukan oleh orang tua dan anak di keluarga-keluarga tersebut dalam meningkatkan sumber daya manusia. Teori yang digunakan dalam Penelitian ini ialah Teori Komunikasi Antarpribadi (Interpesonal) Joseph A. De Vito yang menyatakan, bahwa komunikasi yang berlangsung di antara dua orang yang mempunyai hubungan yang mantap dan jelas. Komunikasi ini yang mempengaruhi elemen-elemen dan mempunyai kesepakatan, perjanjian untuk mencapai tujuan yang dikehendaki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan secara empiris kondisi di lapangan. Sumber data dari penelitian ini ialah sumber data primer dan sekunder. Adapun Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, representasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi antar pribadi yang dilakukan oleh orang tua dan anak dalam meningkatkan sumber daya manusia, ditinjau dari 1) sikap keterbukaan antara lain: kesetaraan komunikasi yang dilakukan antara orang tua dan anak, mengajukan pertanyaan dapat membuat anak menceritakan lebih dari yang diharapkan, memberikan motivasi anak, memahami kondisi anak. 2) Sikap mendukung seperti: memberikan kepercayaan anak melalui pujian atau apresiasi dalam bentuk ucapan atau perbuatan, mendukung minat dan bakat, mendukung cita-cita anak. 3) Sikap kesetaraan tercermin dari adanya keseimbangan pembagian peran antara orang tua dan anak, sehingga tidak terdapat salah satu pihak yang dirugikan. Kesetaraan cenderung akan mendorong anak menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab. Kesadaran koletif atas kesetaraan mampu memperkuat fungsi dalam keluarga dan membangun keharmonisan, sehingga dalam keluarga akan menciptakan anggota keluarga yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi; Orang Tua-Anak; Sumber Daya Manusia
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Hasna Rahmah
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:04
Last Modified: 21 Mar 2023 03:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66401

Actions (login required)

View Item View Item