Penyelesaian masalah transportasi menggunakan Maximum Range Column Method (MRCM) dan metode Bilqis Chastine Erma (BCE)

Alifudin, Ardi (2023) Penyelesaian masalah transportasi menggunakan Maximum Range Column Method (MRCM) dan metode Bilqis Chastine Erma (BCE). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas masalah transportasi baik masalah transportasi seimbang maupun masalah transportasi tak seimbang dengan tujuan untuk mengirimkan barang atau unit dari sumber ke tujuan dengan tujuan untuk meminimalkan biaya pengiriman. Pada penelitian ini digunakan dua metode yang menghasilkan solusi layak awal yaitu metode Bilqis Chastine Erma dan Maximum Range Column Method yang kemudian nantinya dilakukan uji optimalitas terhadap solusi layak awal yang diberikan oleh kedua metode pada 4 studi kasus yang digunakan pada penelitian dengan menggunakan metode Modified Distribution. Keempat studi kasus terdiri dari 2 studi kasus dengan data seimbang dan 2 studi kasus dengan data tidak seimbang. Langkah pengerjaan untuk metode Bilqis Chastine Erma berfokus pada pengalokasian jumlah demand pada setiap sel di tiap kolomnya yang memiliki biaya terendah yang nantinya alokasi tersebut akan disebarkan pada pilihan baris dengan biaya terendah atau pada baris dengan biaya terendah kedua. Sedangkan langkah pengerjaan Maximum Range Column Method berfokus pada pemilihan kolom mana yang memiliki rentang biaya maksimum (selisih biaya terbesar dan terkecil) di tiap kolomnya yang nantinya akan dilakukan alokasi pada sel yang memiliki biaya terendah di kolom terpilih sesuai dengan jumlah demand dan supply baris dan kolom yang bersesuaian. Setelah dilakukan studi kasus dengan 4 data kedua metode sama-sama memberikan solusi layak awal yang tidak optimal pada keempat studi kasus diatas, hanya saja Maximum Range Column Method lebih unggul pada keempat studi kasus diatas dengan rata-rata persentase deviasi 6,302964% jika dibandingkan dengan metode Bilqis Chastine Erma yang memiliki rata-rata persentase deviasi 9,660167% dimana nilai rata-rata persentase deviasi metode Bilqis Chastine Erma ini membengkak dikarenakan ada penumpukan demand pada salah satu baris karena tidak ada instruksi penambahan dummy pada langkah pengerjaan metode Bilqis Chastine Erma.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Riset Operasi;Masalah Transportasi;Metode Bilqis Chastine Erma;Maximum Range Column Method;Modified Distribution;
Subjects: Applied mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Ardi Alifudin
Date Deposited: 28 Mar 2023 03:19
Last Modified: 28 Mar 2023 03:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66470

Actions (login required)

View Item View Item