Administrasi pendidikan dalam Merdeka Belajar perspektif Islam versi terbaru

Hasbiyallah, Hasbiyallah and Ihsan, Mahlil Nurul (2022) Administrasi pendidikan dalam Merdeka Belajar perspektif Islam versi terbaru. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. ISBN 978-623-7036-72-2

[img]
Preview
Text (Buku revisi)
Buku Daras Administrasi Pendidikan dalam Merdeka Belajar Perspektif Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemajuan bangsa ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia dan guru adalah merupakan roll yang paling kuat di dalam dunia pendidikan, sehingga jelas guru merupakan bagian dari kemajuan bangsa sehingga yang dapat menginspirasi kepada peserta didik dengan kemampuannya dan pemberdayaannya serta mampu melaksanakan sana prasarana dengan baik agar dapat mendidik bangsa yang cerdas maka oleh karena itulah guru pada abad 21 mengharuskan guru itu pintar melek dalam berbagai bidang keilmuan baik itu literasi maupun digital sains kewarganegaraan budaya dan ilmu agama dan lain-lain maka oleh karena itulah kemampuan literasi di dalam merdeka belajar merupakan modal utama bagi guru penggerak Merdeka belajar menghadirkan berbagai pembelajaran yang inovatif kreatif dan tidak monoton dan guru mampu mengajarkan kepada peserta didik dengan nilai-nilai kebaikan yang sangat kuat. Belajar maju merupakan konsep dari pendidikan yang hebat, karena pada dasarnya negara-negara yang maju karena mereka mengajar dengan secara profesional efektif dan efisien tentunya bangsa Indonesia pun harus banyak belajar dalam menguatkan karakter bangsa dan juga menerapkan kurikulum pendidikan secara komprehensif dan baik dan seimbang sehingga dapat menghasilkan lulusan-lulusan akademik yang luar biasa. Maka oleh karena itu, guru adalah peran utamanya adalah mengayomi, membina, mengasuh dan mendidik peserta didik agar hidup berkembang dengan penuh dengan cinta dan kasih sayang dan juga menyuburkan seluruh potensi yang ada di dalam diri sendiri. Administrasi pendidikan di dalam kegiatan merdeka belajar memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap pembangunan dan penguatan karakter bangsa dengan menanamkan nilai agama maupun nilai-nilai Pancasila sebagai profil belajar yang hebat, tentunya oleh karena itulah guru harus senantiasa memberikan keteladanan yang baik agar peserta didik mampu menyerap kebaikan-kebaikan yang diberikan oleh guru dan juga memberikan kontribusi terhadap pembangunan bangsa dan negara sehingga kehidupan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang Demokrat dan juga memiliki nilai yang tinggi dan memiliki karakter bangsa yang kuat dan ilmu pengetahuan dan iman yang mantap. Dalam buku ini dijelaskan beberapa hal yang sangat penting terutama dalam menjalankan konsep administrasi pendidikan dalam ruang lingkup kemerdekaan belajar yang membawa para pembaca untuk memahami dan menyerap keilmuan secara mendalam bahwasanya Merdeka belajar merupakan kontribusi yang positif dalam mengembangkan potensi guru dan juga peserta didik secara seimbang bersama-sama maka oleh karena itulah administrasi pendidikan dibutuhkan sangat kuat agar proses pembelajaran dapat dikelola dengan baik dan juga dapat menjalankan roda perjalanan Merdeka belajar dengan seoptimal mungkin sehingga dapat melahirkan potensi-potensi peserta didik yang berbakat dan juga memiliki kontribusi terhadap kemajuan bangsa Indonesia. Administrasi pendidikan dalam merdeka belajar perspektif Islam diarahkan peserta didik terus-menerus belajar dengan memasukkan nilai-nilai Islami yang berdampak terhadap kepribadian yang mulia, patuh beragama dan juga taat dalam menjalankan aturan negara serta mampu mengamalkan profil pancasila di dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Agama Islam senantiasa mendorong manusia terus-menerus belajar, agar kehidupan manusia lebih maju dan berkualitas dengan cara memahami peran, fungsi dan tujuan hidup manusia dalam mencapai kebahagiaan dan kemaslahatan di dunia maupun akherat.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Administrasi pendidikan; Merdeka Belajar; perspektif Islam
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hasbiyallah Hasbiyallah
Date Deposited: 29 Mar 2023 01:13
Last Modified: 29 Mar 2023 01:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66540

Actions (login required)

View Item View Item