Manajemen kompetensi kepribadian dosen dalam menanamkan akhlak mahasiswa di PTKIN : Penelitian di UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan IAIN Kediri

Hasbiyallah, Hasbiyallah and Kasmin, Kasmin (2019) Manajemen kompetensi kepribadian dosen dalam menanamkan akhlak mahasiswa di PTKIN : Penelitian di UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan IAIN Kediri. Pusat Penelitian dan Penerbitan Penelitian UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung.

[img]
Preview
Text (Buku)
Buku Manajemen Kompetensi Kepribadian Dosen dalam Membentuk Akhlak.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PTKIN di Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan juga berperan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh sebab itu kehadiran PTKIN di Indonesia harus terus-menerus ditingkatkan kualitasnya agar tujuan-tujuan mulia tersebut tercapai. Dalam merealisasikan keimanan, ketakwaan, pribadi bangsa dan keterampilan bangsa yang kuat dibutuhkan penguatan sumber daya tenaga pengajar yang berkualitas dan berkepribadian mulia yang dinamakan manajemen kompetensi kepribadian dosen di PTKIN yang diarahkan dalam menanamkan akhlak mulia mahasiswa di PTKIN yang sangat dibutuhkan di zaman milenial ini, karena tantangan zaman semakin besar dan arus global berpengaruh pesat yang berpengaruh besar terhadap kehidupan bangsa. Agar tidak terbawa arus negatif yang menyebabkan dekadensi moral bangsa dibutuhkan pula pendidikan yang mantap agar bangsa ini khususnya mahasiswa di PTKIN memiliki iman yang kuat, ilmu yang padat dan kepribadian bangsa yang maslahat. Maka oleh sebab itu, penanaman akhlak pada mahasiswa menjadi hal sangat urgen pada masa dini, karena pemimpin masa depan adalah para pemuda hari ini. Manajemen kompetensi kepribadian dosen merupakan usaha-usaha pengaturan dosen dalam membina dan menanamkan kepribadiannya kepada mahasiswa, sehingga dengan adanya upaya manajemen kompetensi kepribadian dosen berpengaruh terhadap penanaman dan pembentukan akhlak mahasiswa di PTKIN. Manajemen kompetensi kepribadian dosen dalam penelitian ini terdiri-dari perencanaan kompetensi kepribadian dosen, pelaksanaan kompetensi kompetensi kepribadian dosen dan evaluasi kompetensi kepribadian dosen dalam menanamkan akhlak mahasiswa di PTKIN. Penelitian ini bertempat di UIN Gunung Djati Bandung dan IAIN Kediri yang merupakan PTKIN yang terkenal di Indonesia sehingga peneliti dapat mendalami manajemen kompetensi kepribadian dosen dalam menanamkan akhlak mahasiswa di PTKIN tersebut. Dosen memiliki peran penting dalam menanamkan akhlak di dalam seluruh kegiatan di perguruan tinggi, hal tersebut karena dosen merupakan peran utama yang menggerakan roda perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di dalam kegiatan perkuliahan. Adapun hal yang penting penanaman akhlak mahasiswa di PTKIN agar terbentuk mahasiswa yang beriman, bertakwa, moderat, disiplin, mandiri, bertanggung jawab, menjadi warga negara yang taat, bersikap integritas, inklusi dan penebar manfaat bagi kebaikan masyarakat, agama, bangsa dan negara. Upaya penanaman akhlak tersebut dapat ditingkatkan melalui manajemen kompetensi kepribadian dosen yang berpengaruh kuat terhadap penanaman dan pembentukan akhlak mahasiswa di PTKIN.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Manajemen kompetensi; kepribadian dosen; akhlak; mahasiswa; PTKIN
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hasbiyallah Hasbiyallah
Date Deposited: 29 Mar 2023 01:13
Last Modified: 29 Mar 2023 01:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66542

Actions (login required)

View Item View Item