Manajemen laboratorium Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Soft Skill mahasiswa PAI : Penelitian mahasiswa PAI di UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan UIN Wali Songo Semarang

Hasbiyallah, Hasbiyallah and Burhanudin, Undang and Zain, Irfan Ahmad and Ihsan, Mahlil Nurul (2019) Manajemen laboratorium Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Soft Skill mahasiswa PAI : Penelitian mahasiswa PAI di UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan UIN Wali Songo Semarang. Pusat Penelitian dan Penerbitan Penelitian UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung. ISBN 978-623-7633-27-3

[img]
Preview
Text (Buku)
Buku Full LAB PAI Soft Skill New.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Buku ini disusun berdasarkan hasil penelitian penulis mengenai soft skill mahasiswa PAI UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan UIN Wali Songo Semarang melalui manajemen laboratorium PAI. Penulis menemukan berbagai temuan tentang laboratorium PAI kaitannya dengan soft skill, bahwa pembelajaran PAI bukan hanya sekedar transfer pengetahuan saja, tetapi juga sebagai wahana untuk transfer sikap dan transfer keterampilan belajar. Sikap pembelajaran dapat ditingkatkan melalui peningkatan soft skill berbasis manajemen laboratorium PAI. Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada kegiatan manajemen laboratorium PAI dapat menentukan keberhasilan dosen dalam meningkatkan soft skill mahasiswa PAI, karena pembelajaran PAI di laboratorium PAI tak lepas dari aspek manajemen, sehingga manajemen di dalam kegiatan pembelajaran PAI di laboratorium PAI dijadikan acuan dalam meningkatkan soft skill mahasiswa PAI. Pada aspek perencanaan manajemen laboratorium PAI diarahkan kepada peningkatan soft skill sikap, komunikasi, etika dan interaksi belajar PAI. Pada aspek pelaksanaan manajemen laboratorium PAI diarahkan kepada aktualisasi nilai-nilai soft skill dengan mengintegrasikan pembelajaran PAI dengan kegiatan praktikum PAI di laboratorium PAI. Pada aspek evaluasi, manajemen laboratorium digunakan untuk melihat sejauhmana peningkatan soft skill mahasiswa PAI. Buku ini menjelaskan bahwa manajemen laboratorium PAI dapat meningkatkan soft skill mahasiswa PAI. Hal ini dibuktikan bahwa kegiatan pembelajaran PAI di laboratorium PAI memberikan dampak yang signifikan tinggi terhadap terbentuknya soft skill mahasiswa PAI. Adapun pembahasan mengenai aspek soft skill yang mesti diinternalisasikan di dalam pembelajaran PAI di laboratorium PAI adalah soft skill sikap, komunikasi, etika dan interaksi belajar. Attitude (Sikap) meliputi 13 aspek soft skill di antaranya adalah : integritas, kesopanan, tanggung jawab, fleksibilitas, etos kerja, kejujuran, percaya diri, berlaku adil, kerja sama, toleran, hormat, mengambil keputusan dan dapat memecahkan masalah. Communicate (Komunikasi) meliputi 7 aspek soft skill di antaranya adalah :dapat menyampaikan, dapat berkomunikasi, menjadi pendengar yang baik, bekerja sama, dapat memahami, berpikir kritis dan berkomunikasi verbal. Etique (Etika) meliputi 7 aspek soft skill di antaranya adalah norma agama, norma negara, norma masyarakat umum, norma masyarakat daerah, norma masyarakat orang lain, norma lembaga (kampus) dan norma keluarga. Interaction (Interaksi) meliputi 7 aspek soft skill di antaranya dapat mencapai tujuan belajar, perhatian belajar, komunikasi, keseriusan belajar, tanya jawab dan mengerjakan tugas.Keempat soft skill tersebut merupakan aspek penting yang mesti dimiliki oleh mahasiswa PAI di dalam pembelajaran PAI, sehingga pembelajaran PAI di laboratorium dapat mencerminkan pembentukan soft skill mahasiswa PAI.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan; laboratorium Pendidikan Agama Islam; Soft Skill mahasiswa; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hasbiyallah Hasbiyallah
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:01
Last Modified: 29 Mar 2023 02:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66560

Actions (login required)

View Item View Item