Persepsi mantan Tenaga Kerja Wanita (TKW) terhadap kesejahteraan keluarga : Penelitian di Kampung Ciroyom Desa Padaasih Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi

Budiawan, Arif (2023) Persepsi mantan Tenaga Kerja Wanita (TKW) terhadap kesejahteraan keluarga : Penelitian di Kampung Ciroyom Desa Padaasih Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Seorang laki-laki/suami dalam keluarga mempunyai tugas untuk mencari nafkah dengan cara bekerja, dan perempuan/istri mempunyai tugas mengerjakan pekerjaan domestik atau rumah tangga. Namun dimasyarakat kampung ciroyom ini berbeda, perempuan/istri yang bekerja mencari nafkah, bahkan sampai rela bekerja menjadi TKW keluar negeri, dan laki-laki/suami mengerjakan pekerjaan domestik atau rumah tangga, di mulai dari mengurus anak sampai mengurus rumah.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui motivasi tenaga kerja wanita (TKW) bekerja di luar negeri, serta persepsi mantan tenaga kerja wanita (TKW) terhadap kesejahteraan keluarga. Penelitian ini mengkaji Persepsi Mantan Tenaga Kerja Wanita (TKW) Terhadap Keluarga, dalam penulisan skripsi ini menggunakan teori interaksionalisme simbolik dari George Herbert Mead. Mead menjelaskan dalam penafsiran makna itu selalu membutuhkan individu lain, karena makna atau symbol tidak bisa ada begitu saja harus adanya pelantara melalui interaksi dengan individu yang lain. Dalam hal ini Mead membagi tindakan social menjadi empat tahapan yaitu Impuls, Persepsi, Manipulasi, dan Konsumsi. Serta adanya konsep Mind, Self, and Society. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data primer melakukan wawancara dan observasi, dan data sekunder melakukan kajian studi pustaka. Analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini mengenai motivasi TKW bekerja diluar negeri karena faktor ekonomi dan penghasilan yang besar. Persepsi mantan tenaga kerja wanita (TKW) terhadap kesejahteraan keluarga terdapat dua persepsi yaitu negatif dan positif, dilihat dari tiga aspek yaitu ekonomi, sosial dan psiokologis. Persepsi positif karena kesejahteraan meningkat dibuktikan dengan bertambahnya kekayaan yang mereka miliki dan persepsi negatif karena banyak kasus perselingkuhan dan perceraian yang dialami para TKW.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Tenaga Kerja Wanita (TKW); Kesejahteraan Keluarga
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Perceptual Process
Culture and Institutions > Family
Labor Economics > Migrant Workers
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: arif budiawan
Date Deposited: 31 Mar 2023 01:30
Last Modified: 31 Mar 2023 01:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66584

Actions (login required)

View Item View Item