Representasi pelaku dakwah dalam film Horor : Studi deskriptif terhadap film Ghibah karya Riza Pahlevi dan Vidya Ariestya

Wiyandhiza, Alya Fakhira (2023) Representasi pelaku dakwah dalam film Horor : Studi deskriptif terhadap film Ghibah karya Riza Pahlevi dan Vidya Ariestya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Film merupakan salah satu bentuk media komunikasi yang unik dengan pengaruh yang dapat menjangkau seluruh elemen yang ada di dalam masyarakat. Film merupakan media yang dapat mempengaruhi penonton baik secara pikiran, perasaan dan pengalaman, maka film mempunyai peran yang sangat penting dalam menyampaikan isi serta pesan-pesan yang ingin di sampaikan oleh pembuat film. Salah satu genre film yang diminati oleh Sebagian besar masyarakat Indonesia adalah film bergenre horror salah satunya adalah film bergenre horror religi yang berjudul Ghibah. Film tersebut bercerita tentang seorang mahasiswi yang hobi bergunjing, sehingga mahasiswi tersebut mendapatkan terror dari sosok jin. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana analisis makna bahasa dalam film horror Ghibah; (2) Mengetahui bagaimana analisis makna representasi mental pada film horror Ghibah. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini yaitu paradigma konstruktivisme yang bertujuan untuk memahami tindakan sosial yang bermakna dalam sebuah film. Paradigma menjadi hal penting dan makna apa saja yang dapat diterima oleh manusia termasuk makna yang dapat diterima oleh masyarakat yang disampaikan melalui film horor. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, literatur, dokumentasi, dan wawancara. Teori yang digunakan oleh peneliti adalah teori analisis makna Stuart Hall yang memiliki dua elemen yaitu analisis makna bahasa, dan juga representasi mental. Dengan teori ini penulis dapat menganalisis lebih mendalam mengenai makna bahasa dan makna representasi mental yang terdapat pada film ghibah. Menggunakan proses analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis makna bahasa menghasilkan makna reflektif, representasi pelaku dakwah yang muncul sebagai orang yang melakukan dakwah dengan lisan atau dakwah bil-lisan direpresentasikan dengan tokoh ustad dan mang opie, makna intensional menghasilkan representasi pelaku dakwah tersirat yaitu tokoh mama papa firly dan dosen, dan makna konstruktif menghasilkan hasil konstruksi yang dibuat oleh penulis naskah. Kemudian pada analisis makna representasi mental mendeskripsikan makna makna abstrak yang ditangkap oleh para penonton. Menyebarkan dakwah melalui film dapat menjadi peluang untuk menjadi seorang pelaku dakwah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pelaku dakwah; film; makna bahasa; representasi mental
Subjects: Islam > Da'wah
Public Performances > Filmscripts
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Alya Fakhira Wiyandhiza
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:15
Last Modified: 31 Mar 2023 02:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66585

Actions (login required)

View Item View Item