Pengaruh bias gender terhadap disfungsi keluarga : Penelitian di Desa Dawuan Timur Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang

Nurfaizi, Muhammad Alfi (2023) Pengaruh bias gender terhadap disfungsi keluarga : Penelitian di Desa Dawuan Timur Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh fakta di masyarakat bahwa sering terjadi bias gender. Kejadian ini tentu berpengaruh kepada disfungsi keluarga. Tingkat pemahaman mengenai peran gender dan fungsinya dalam keluarga pada masyarakat desa dapat dikatakan rendah, hal ini mempengaruhi keadaan fungsional dalam keluarga dan mengakibatkan terjadinya fenomena disfungsi keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Seberapa besar pengaruh bias gender terhadap masyarakat, 2) Bagaimana masyarakat menyikapi perilaku bias gender, 3) Seberapa besar pengaruh bias gender terhadap disfungsi keluarga pada masyarakat Desa Dawuan Timur Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan Teori Struktural Fungsional dari Robert K Merton. Teori ini menolak anggapan bahwa masyarakat terdiri dari beberapa komponen yang saling berinteraksi. Teori ini pada intinya mencari beberapa faktor fundamental yang berdampak pada suatu masyarakat, mengidentifikasi peran masing-masing unsur, dan juga menjelaskan bagaimana unsur-unsur tersebut beroperasi dalam masyarakat Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer yang merupakan data asli dari pihak aparat Desa dan masyarakat. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari aparat desa dan lain sebagainya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga teknik, yaitu; Observasi, Wawancara dan Angket. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan Uji Keabsahan Data dan Uji Statistik. Dalam pengolahan data, penelitian ini menggunakan program SPSS 22 untuk menentukan nilai validitas dan reliabilitas dari alat ukur yang telah dibuat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai pengaruh bias gender terhadap disfungsi keluarga, diketahui bahwa ada pengaruh bias gender terhadap disfungsi keluarga pada masyarakat Desa Dawuan Timur Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang sebesar 32.9%. Sedangkan sisanya sebesar 67.1% dipengaruhi oleh faktor lain. Dan pengaruh bias gender terhadap masyarakat Desa terbilang tinggi. Sikap masyarakat terhadap perilaku bias gender terbilang positif dalam artian bias gender mempengaruhi masyarakat. Bias gender berpengaruh sangat besar terhadap disfungsi keluarga pada masyarakat Desa Dawuan Timur Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Bias Gender; Disfungsi Keluarga
Subjects: Ethics of Family Relationships
Sociology and Anthropology, Society
Social Process
Social Process > Social Change
Social Groups > Gender
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhammad Alfi Nurfaizi
Date Deposited: 03 Apr 2023 05:43
Last Modified: 03 Apr 2023 05:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66630

Actions (login required)

View Item View Item