Perspektif zakat produktif dan program Bandung Berdaya Saing terhadap pemberdayaan usaha Mustahik di BAZNAS Kabupaten Bandung

Aprilia, Syalsa (2023) Perspektif zakat produktif dan program Bandung Berdaya Saing terhadap pemberdayaan usaha Mustahik di BAZNAS Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan merupakan permasalahan yang selalu terjadi dari tahun ke tahun dan datangnya pandemi semakin memperburuk situasi ekonomi. Tingginya tingkat pengangguran dan rendahnya tingkat kemiskinan di Indonesia karena rendahnya rasio wirausahawan yang hanya 3,55% per tahun 2021. Pemberdayaan zakat dinilai menjadi salah satu metode dalam menangani persoalan persoalan yang terjadi pada perekonomian. Pada lembaga amil zakat yaitu BAZNAS Kabupaten Bandung, untuk semakin meningkatkan kehidupan masyarakat, maka terdapat dana zakat produktif serta Program Bandung Berdaya Saing. Penelitian ini bertujuan untuk menilai bagaimana pengaruh dari adanya dana zakat produktif dan Program Bandung Berdaya Saing secara parsial, terhadap pemberdayaan usaha mustahik di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bandung. Selain itu juga memiliki tujuan untuk menilai seberapa besar pengaruh dari dana zakat produktif, dan seberapa besar pengaruh Program Bandung Berdaya Saing secara parsial, terhadap pemberdayaan usaha mustahik yang ada di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bandung. Metode yang dipergunakan di dalam penelitian ini yaitu dengan metode pendekatan kuantitatif, menggunakan metode pengumpulan data yang telah didapat melalui kuesioner. Jenis data pada penelitian ini yaitu menggunakan data primer. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis data melalui uji instrumen, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis dengan pengelohan statistik yang diperoleh melalui aplikasi IBM SPSS versi 22. Pada penelitian ini didapatkan hasil pada Uji Parsial (t) untuk variabel dana zakat produktif dan program bandung berdaya saing dengan masing-masing memiliki nilai t_hitung > t_tabel dan nilai signifikansi < 0,05. Oleh karena nya bisa disimpulkan bahwa variabel dana zakat produktif dan program bandung berdaya saing ini berpengaruh secara positif juga signifikan pada pemberdayaan usaha mustahik. Didapatkan hasil bahwa variabel dana zakat produktif dan program bandung berdaya saing, secara bersama-sama dapat mempengaruhi variabel pemberdayaan usaha mustahik sebesar 75,9% yang diperoleh melalui Uji Koefisien Determinan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zakat Produktif; Program Bandung Berdaya Saing; Pemberdayaan Usaha Mustahik
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Syalsa Syalsa Aprilia
Date Deposited: 19 May 2023 04:09
Last Modified: 19 May 2023 04:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66699

Actions (login required)

View Item View Item